Kubu Raya Miliki Titik Panas Terbanyak di Kalbar

Pencegahan Karhutla Kalbar

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Berdasarkarkan pantauan Badan Meterologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Supadio Pontianak saat ini terpantau enam titik hostspot di Kubu Raya.

Jumlah ini menjadikan Kabupaten Kubu Raya sebagai daerah tertinggi yang memiliki titik panas di Kalbar.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kubu Raya, Mokhtar mengakui bahwa memang benar ada enam titik hotspot di Kubu Raya.

“Titik api itu terjadi karena ada masyarakat yang membakar rumput bekas membuka lahan, dan bukan lahan yang dibakar,” katanya di Sungai Raya, Selasa (12/7).

Dikatakannya, untuk titik api yang berada di Kubu Raya, pihaknya menyerahkannya kepada kelompok masyarakat peduli api untuk menanggulanginya agar titik api di daerahnya tidak semakin menyebar ke tempat yang lain.

“Jika memang dari kelompok masyarakat tidak mampu untuk mengatasi titik api tersebut, maka kami meminta kepada masyarakat untuk melapor kepada BPBD yang selanjutnya kami akan turun ke lapangan untuk memadamkan api di wilayah itu,” jelasnya.

Dikatakannya, untuk menjangkau wilayah Kubu Raya memang cukup sulit untuk dilakukan, karena bukan hanya wilayahnya yang luas, namun juga ada wilayah yang harus dijangkau dengan kendaraan air.

Meski demikian, pihaknya akan tetap melakukan koordinasi dengan TNI melalui Koramil setempat, serta kepolisian di daerah itu.

“Masyarakat juga sudah dilatih bagaimana caranya untuk menanggulangi kebakaran hutan dan lahan di wilayahnya masing-masing,” jelasnya.

Bupati Rusman Ali juga, kata Mochtar, sudah menginstruksikan para kepada desa untuk membeli peralatan kebakaran hutan dan lahan menggunakan Anggaran Dana Desa (ADD) .

(Faisal/Dede)

Related Posts