Sejumlah Fraksi DPRD Kota Pontianak Minta Pemkot Tingkatkan PAD

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Rapat paripurna tentang pandangan umum sejumlah fraksi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pontianak terhadap Raperda dan pertangungjawaban pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2015 digelar, Selasa (12/7).

Berdasarkan pandangan umum dari sembilan fraksi terhadap Raperda tersebut, yang dibacakan per tanggal 11 Juni 2016 kemarin oleh Wali Kota Pontianak Sutarmidji, pada umumnya seluruh fraksi memberikan apresiasi kepada Pemerintah Kota Pontianak karena selama lima tahun berturut-turut mendapatkan penilaian Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Provinsi Kalbar.

Tidak hanya mendapat apresiasi, sejumlah fraksi juga masih mempertanyakan perihal beberapa hal diantaranya tentang Pendapatan Asli Daerah Kota Pontianak yang masih dinilai kurang dan bisa ditingkatkan karena tidak sesuai dengan aset yang dimiliki saat ini.

“Retribusi parkir belum tertib, pengelolaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) belum baik,” kata Agus Sutisno Sekretaris Fraksi Partai Golkar saat membacakan pandangan fraksi.

Dari fraksi lainnya, kata Agus, juga memberikan pandangan yang sama. Menurut dia masih ada item yang realisasi anggarannya masih di bawah 50 persen dan harus ditingkatkan pada tahun berikutnya.

“Fraksi PAN juga menitik beratkan pada item yang sudah mencapai target 100 persen, hal tersebut juga harus dikaji ulang, kemungkinan pemerintah kota menargetkan angka yang terlalu kecil sehingga target tersebut bisa dicapai dengan mudah, dan hal tersebut juga masih bisa berpotensi  untuk ditingkatkan dengan menambah target untuk tahun depan,” tambah Agus.

Pemerintah Kota Pontianak sendiri Rabu (13/7) dijadwalkan akan menjawab hal-hal yang dipertanyakan semua fraksi DPRD Kota Pontianak pada rapat paripurna dengan agenda jawaban Pemkot terhadap pandangan umum Raperda Kota Pontianak tentang pertangungjawaban pelaksanaan APBD Kota Pontianak tahun anggaran 2015.

(Agus/Dede)

 

Related Posts