BPBD Pontianak Siap Antisipasi Karhutla

kebakaran lahan

Pontianak, thetanjungpuratimes.com –  Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pontianak saat ini tengah bersiap menghadapi kemungkinan bencana kabut asap akibat kebakaran lahan.

Hal ini ditegaskan Kepala BPBD kota Pontianak, Aswin Taufik saat ditemui, Rabu (13/7) pagi. Dirinya menjelaskan BPBD saat ini tengah fokus melakukan pencegahan kebakaran lahan yang mengakibatkan kabut asap.

“Intinya beda dengan tahun kemarin, tahun ini kita lebih siap, dan fokus pada pencegahan. Kita di Pontianak, paling rawan di daerah Tenggara, Selatan dan Utara. Kalau Utara dekat sampah, di situ masing-masing ada satgas, ada pemantau di lapangan, bekerja sama dengan binmas,” ujarnya.

Belajar dari pengalaman sebelumnya, kata dia, pada titik-titik rawan  kebakaran lahan, pihaknya sudah mendapatkan formula untuk mengatasi hal tersebut.

“Bagaimana cara penanggulangan sudah diketahui, dulu pun masyarakat hanya mengandalkan kita, sekarang mereka sudah paham caranya karena telah diedukasi,” ujarnya.

Ia mengatakan bila terjadi kebakaran lahan, sudah ada tim yang siap melakukan penanganan pertama agar angka kebakaran lahan bisa ditekan.

“Seperti di daerah Parit Haji Husin dua, antisipasi dengan membersihkan parit juga dilakukan,” pungkas dia.

(Agustiandi/Dede)

Related Posts