Pemkot Pontianak Komitmen Pecahkan Masalah Kemacetan

Pontianak, thetanjungpuratimes.com Pemkot Pontianak berkomitmen serius untuk menangani permasalahan kemacetan yang melanda Ibukota Provinsi Kalimantan Barat ini.

Wakil Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono ketika ditemui, Rabu (13/7) mengatakan akan segera menggelar rapat terkait kemacetan yang terjadi pada sejumlah titik jalan di kota.

“Dalam jangka pendek adalah pengaturan arus lalu lintas nanti akan ada pembagian jam pada jenis mobil truk dan sebagainya,” kata Edi Kamtono.

Edi Kamtono mengakui saat ini kapasitas jalan kota Pontianak terutama pada jembatan Kapuas I dan jembatan Landak tidak mencukupi dan sebanding dengan volume kendaraan yang semakin hari semakin bertambah.

“Kenapa Pontianak macet karena kota ini dibagi oleh dua sungai yang menyebabkan terputusnya sirkulasi pergerakan orang yang merata, kalau ada jembatan kapuas III dan ada lagi jembatan di barat, maka semakin banyak jalan penghubung bagi kendaraan,” ujar dia lagi.

Untuk sementara, lanjut dia, petugas lalu lintas akan tetap mengatur arus lalu lintas supaya bisa tertib dan lancar.

“Misalnya parkir tidak sembarangan, mobil-mobil yang rawan mogok jangan lewat di jembatan, kita alihkan, kan bisa saja tu dibuka tutup, harus ekstra lah petugas lalu lintas untuk mengatur arus lalu lintas,” jelasnya.

Sementara untuk jangka panjang, jelas dia, pada tahun 2017 mendatang akan ada pembangunan Jembatan Kapuas III, untuk mengurangi kemacetan pada jam jam sibuk di Kota Pontianak.

“Mudah-mudahan Jembatan Kapuas III akan segera dibangun, karena dana menggunakan APBN pusat tahun ini baru perencanaan,” pungkasnya.

(Agustiandi/Dede

Related Posts