DJP Kalbar Siap Laksanakan Kebijakan “Tax Amnesty”

Pontianak, thetanjubgpuratimes.com – Kepala Kantor Perwakilan Direktorat Jendral Pajak Kalimantan Barat Slamet Sutantyo memastikan pihaknya telah siap menyelenggarakan program penghapusan sanksi pajak (tax amnesty) bagi masyarakat Kalbar.

“Sampai saat ini persiapan di Kantor Wilayah Direktorat Jendral Pajak Kalbar sudah matang dan siap melaksanakan penerimaan pembayaran pajak sesuai jadwal pemerintah pusat. Untuk itu kami telah mennyiapkan 6 kantor KPP pajak di seluruh Kalbar sebagai lokasi pembayaran tax amnesty bagi masyarakat yang ingin mengurus pambayaran pajak,” ungkap Slamet Sutantyo dalam keterangan persnya di Pontianak, Jumat (15/7).

Ditambahkannya, saat ini berbagai persiapan sudah dilakukan, mulai dari pendataan wajib pajak sampai membentuk tim khusus yang akan melayani dalam hal kepengurusan tax amnesty.

“Kita berharap, masyarakat dapat memanfaatkan program ini karena hanya akan diberlakukan sekali selama batas waktu yang tak ditentukan,” tegasnya.

Program tax amnesty ini dijadwalkan akan dimulai pada tanggal 18 Juli 2016 dan akan berlangsung sampai 17 Maret 2017. Dimana dengan program ini denda dan sanksi bagi para wajib pajak yang tak melaksanakan kewajibannya akan dihapus. Untuk sebagai gantinya mereka harus membayar tebusan yang jumlahnya relatif lebih ringan.

“Dengan begitu diharapkan, yang tadinya para pengusaha yang menyimpan uangnya ke luar negeri untuk menghindari pajak, maka akan dapat segera mengalihkan uangnya ke dalam negeri,” ujarnya.

Kanwil DJP Kalimantan Barat sendiri, lanjut dia, tidak memasang target untuk nominal dana hasil pembayaran tax amnesty oleh masyarakat pajak di Kalbar, hal ini dikarenakan seluruh regulasi tersebut dikelola oleh Kementerian Keuangan RI.

“Namun pihak Kanwil DJP Kalbar telah memetakan sektor pungutan tax amnesty sebagai acuan pelaksanaan programnya,” pungkasnya.

(Slamet Ardiansyah/Dede)

Related Posts