Kembali Warga Perbatasan Serahkan Senpi ke Petugas

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Kesadaran masyarakat Kapuas Hulu akan bahaya penggunaan senjata api (Senpi) terus meningkat.

Baru-baru ini masyarakat perbatasan RI-Malaysia di Kapuas Hulu kembali menyerahkan senjata pada pihak kepolisian.

Adam alias Kodam warga Desa Langau, kecamatan Puring Kencana secara sukarela menyerahkan senjata api miliknya kepada Polsek setempat, Kamis (14/7). Sebanyak 4 pucuk senpi rakitan diserahkannya kepada Kapolsek Puring Kencana, IPTU Silo Buwono untuk selanjutnya diamankan ke Mapolres Kapuas Hulu.

Kapolres Kapuas Hulu, AKBP Sudarmin menyambut baik inisatif warga perbatasan RI-Malaysia yang menyerahkan senpi rakitan.

“Masyarakat sudah sadar kalau punya senjata api tidak dilengkapi ijin dari pihak yang berwenang itu melanggar hukum,” tegas Kapolres, Jumat (14/7).

Sudarmin kembali mengimbau kepada masyarakat Kapuas Hulu yang masih memegang senjata api dalam bentuk apapun, agar segera menyerahkan kepada pihak keamanan. Apalagi sudah ada beberapa kejadian salah tembak di beberapa kecamatan yang ada di Bumi Uncak Kapuas.

“Ini dalam menyikapi sering terjadinya salah tembak dan kejadian laka senjata api dikalangan masyarakat Kapuas Hulu. Maka kita perlu mengambil langkah preventif dan preemtif membuat imbauan kepada masyarakat untuk menyerahkan senjata api baik senjata api rakitan, lantak maupun senjata api jenis bomen,” tegas Sudarmin.

Lebih jauh kata dia, ancaman kepemilikan senpi tanpa izin adalah Undang – undang Darurat Tahun 1951. Pada Ayat (1) Undang-undang tersebut, tersangka diancam hukuman seumur hidup. Terkait ancaman pidana tersebut, kata Kapolres sudah diteruskan oleh seluruh Polsek beserta jajarannya, untuk disampaikan kepada masyarakat.

“Pada tingkat kecamatan Polsek setempat yang intensif mensosialisasikan terkait senpi itu, sebab mereka yang berhubungan langsung dengan masyarakat. Setiap Polsek harus mengoptimalkan Babinkamtibmas kepada masyarakat binaannya.

“Untuk itu kami menghimbau pada masyarakat yang memiiliki senjata api tanpa izin agar dengan  kesadaran diri menyerahkannya ke Babinkamtibmas ataupun langsung ke Mapolsek setempat,” imbau Kapolres Kapuas Hulu.

(yohanes/Dede)

Related Posts