Militer Turki Berupaya Kudeta Pemerintahan Erdogan

Turki, thetanjungpuratimes.com – Militer Turki dilaporkan menggelar kudeta terhadap pemerintah berkuasa pada Jumat (15/7/), meski perdana menteri mengatakan bahwa upaya itu akan bisa digagalkan oleh pihak keamanan.

Berdasarkan laporan stasiun televisi dan media lokal yang dikutip kantor berita Reuters dan AFP, militer mengklaim telah berhasil merebut kendali pemerintahan untuk menggulingkan Presiden Recep Tayyip Erdogan, yang telah berkuasa sejak 2003.

Militer Turki dalam pernyataan yang diterima oleh stasiun-stasiun televisi Turki menyatakan bahwa angkatan bersenjata merebut kendali pemerintahan untuk melindungi demokrasi dan hak asasi manusia.

Sementara itu kantor berita Anadolu melaporkan bahwa para pelaku kudeta telah menangkap dan menyandera kepala staf angkatan bersenjata Turki di Ankara. Sementara menurut laporan CNN dan AFP para jenderal itu ditahan di markas besar angkatan bersenjata.

Adapun Perdana Menteri Binali Yildirim membantah klaim militer. Ia menegaskan pemerintah terpilih masih mengendalikan negeri itu.

Sejauh ini belum ada kabar tentang Presiden Erdogan. CNN Turki hanya melaporkan bahwa ia dalam keadaan “aman”.

(Suara/Dd)

Related Posts