44 Rumah di Pinggiran Kapuas akan Direlokasi

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Akan ada 44 rumah warga di Kelurahan Tambelan Sampit, (Kampung Beting) Kecamatan Pontianak Timur yang akan direlokasi.

Demikian kata, Camat Pontianak Timur Ismail usai penancapan tiang pertama program penataan kawasan kumuh pinggiran sungai Kapuas di Kampung Beting, Sabtu (16/7) sore. Ke-44 bangunan tersebut, lanjut dia, berada di atas sungai Kapuas terutama yang membelakanginya dan tidak memiliki surat atau sertifikat.

“Karena itu tidak bisa terapkan sistem ganti rugi, hanya saja Pak Wali memberikan kebijakan lain dalam bentuk ‘Tali Asih’ dari alokasi dana Bansos yaitu tahap awal 10 sampai 15 juta per rumah,” ungkapnya.

Lanjut Ismail, Wali Kota juga akan memberikan bantuan dalam bentuk lain sesuai dengan program yang ada di Kota Pontianak, misalnya bantuan untuk pembangunan rumah tidak yang layak huni. Bukan tidak mungkin, tambah Ismail, Pemerintah Kota akan memprioritaskan warga yang terkena dampak penataan itu akan direlokasi ke Rusnawa.

“Malah akan mengkavlingkan lahan-lahan milik pemkot yang dulunya bekas sekolah dan bekas kantor lurah,  untuk relokasi rumah warga tersebut,” pungkas dia.

(Agustiandi/Dede)

Related Posts