Polres Kapuas Hulu Gelar Patroli Karhutla di Perbatasan

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Polres Kapuas Hulu bersama Polsek Putussibau Utara melaksanakan patroli perbatasan Indonesia-Malaysia, Dusun Nanga Potan, Desa Tanjung Lasa, Kecamatan Putussibau, Selasa (12/7) pukul 10.30 Wib.

Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memantau kebakaran hutan dan lahan (Karhutla). Ada 20 personel yang terlibat, keseluruhannya berasal dari Polres Kapuas Hulu, Polsek Putussibau Utara dan Koramil Putussibau.

Kapolsek Putussibau Utara, IPTU Salmansyah menjelaskan tujuan utama patroli Karhutla adalah untuk menyampaikan kepada warga perbatasan untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Apalagi sekarang pemerintah juga telah mengeluarkan peraturan bahwa masyarakat dalam melakukan pembuatan ladang, kebun tidak diperbolehkan lagi dengan cara membakar untuk membuat ladang, sawah.

“Apabila masyarakat masih ada membuat ladang, sawah dengan cara membakar maka pelakunya bisa diproses secara hukum,” tegas Salman.

Ditambahkannya, kegiatan partoli Karhutla  di kawasan perbatasan Malaysia melibatkan, semua unsur selain jajaran Polsek Putussibau Utara  selaku Dantim, melibatkan pula Danramil Putussibau Kota Kapten Inf Hari Sudibyo, Kades TanjungLasa L. Kanyap Kadus Tanjung Lasa. Ketua  Adat Desa Tanjung Lasa, Ketua Adat  Dusun  P. Tulung Daun, Tumenggung Banua Sio, dan sekitar 50 masyarakat.

“Materi yang disampaikan adalah definisi Karhutla, penyebab terjadinya Karhutla, dampak negatif yang ditimbulkan dari Karhutla,” ungkapnya.

Adapun ancaman tentang pembakaran hutan dan lahan, kata Salam telah dicantumkan dalam Undang-undang No. 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan yang disempurnakan melalui UU No. 18 Tahun 2013 Tentang Pencegahan, Pemberantasan dan Kerusakan Hutan , UU NO,  18 Tahun 2014 Tentang Perkebunan dan UU NO 32 tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup ( PPLH ).

“Patroli kita juga ingin memastikan kesiapan Pleton Siaga Karhutla  Desa ( Tonsa ) yang telah dibentuk,” tutupnya.

(Yohanes/Dede)

Related Posts