Lemhanas Bantu Presiden Siapkan Pemimpin Bangsa

Wakil Rektor I Untan Dr Aswandi dan Ketua rombongan dari Lemhanas Marsda TNI Beng Tardjani

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Ketua rombongan dari Lemhanas RI, Marsda TNI Beng Tardjani saat berkunjung ke Untan, Rabu (20/7) pagi menegaskan peran Lemhanas sejatinya adalah membantu Presiden dalam membangun bangsa.

Kata dia, bentuknya adalah penyiapan kader dalam pendidikan dan pemantapan pimpinan tingkat nasional yang berpikir integratif dan profesional, memiliki watak, moral dan etika kebangsaan, berwawasan nusantara serta mempunyai cakrawala pandangan yang universal.

“Selain itu Lemhanas juga menyelenggarakan pengkajian yang bersifat konsepsional dan strategis mengenai berbagai permasalahan nasional, regional dan internasional yang diperlukan oleh Presiden, guna menjamin keutuhan dan tetap tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia,” paparnya.

Selain itu, Lemhanas juga menyelenggarakan pemantapan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, nilai-nilai Pancasila serta nilai-nilai Bhineka Tunggal Ika.

“Kami juga melakukan pembinaan dan mengembangkan hubungan kerja sama dengan berbagai institusi terkait di dalam dan di luar negeri,” sebutnya.

Lemhanas juga mengkaji berbagai permasalahan strategis nasional, regional dan internasional baik di bidang geografi, demografi, sumber kekayaan alam, ideologi, politik, hukum dan keamanan, ekonomi, sosial budaya dan ilmu pengetahuan serta permasalahan internasional.

Dikatakannya, Lemhanas juga memantapkan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung di dalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia tahun 1945 serta nilai-nilai Pancasila sebagai ideologi bangsa, semangat bela negara, transformasi nilai-nilai universal, sistem nasional serta pembudayaan nilai-nilai kebangsaan.

(Faisal/Dede)

Related Posts