Perda Layanan Kesehatan Melawi yang Baru Tetapkan Tarif Puskesmas Naik

Melawi, thetanjungpuratimes.com – Kepala Dinkes Melawi, Ahmad Jawahir mengungkapkan dalam menjawab keraguan sejumlah petugas di fasilitas kesehatan seperti Puskesmas untuk memungut retribusi terhadap layanan pengobatan.

Dinas Kesehatan (Dinkes) pun berencana menggelar roadshow ke seluruh Kecamatan untuk menyosialisasikan Perda Layanan Kesehatan. Perda Layanan Kesehatan ini sudah ditetapkan dan siap diberlakukan.

“Dalam Perda yang baru ini ada perubahan tarif, seperti layanan rawat jalan. Jika di dalam Perda lama tarif yang yang ditetapkan hanya Rp3 ribu, kini di dalam Perda baru sudah naik menjadi Rp 10 ribu,” terangnya.

Sebelumnya, Perda Layanan Kesehatan memang sempat menjadi polemik pihak Puskesmas untuk menarik iuran atau retribusi terhadap pasien yang dirawat atau berobat ke Puskesmas. Layanan di Puskesmas hanya sebatas pada peserta BPJS.

“Sekarang sudah tak ada lagi permasalahan seperti ini. Jadi masyarakat yang tak jadi peserta BPJS bisa mendapatkan pelayanan kesehatan di Puskesmas dengan membayar sesuai dengan tarif yang ada dalam Perda tersebut,” jelasnya.

Ahmad Jawahir pun mempersiapkan sosialisasi Perda baru ini ke seluruh Kecamatan dengan menggelar roadshow mulai pekan depan. Dinkes juga akan menggandeng Bagian Hukum Setda Melawi untuk bersama-sama melakukan sosialisasi Perda Layanan Kesehatan tersebut.

“Sosialisasi ini penting, agar masyarakat tahu, bahwa tarif Puskesmas sekarang sudah naik. Jadi berbagai item layanan kesehatan di Puskesmas, baik rawat jalan, rawat inap serta berbagai pelayanan sudah diatur tarifnya,” paparnnya.

(Edi/Dede)

 

Related Posts