Edi Kamtono: Tindak Tegas Pelanggar Lalu Lintas

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Wakil Wali Kota Pontianak, Edi Rusdi Kamtono mengatakan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas harus ada tindakan yang tegas dari pihak terkait.

“Upaya penindakan terus menerus dilakukan terutama pada pengguna jalan yang melanggar, kami sudah bekerja sama dengan Polresta,” kata Edi Kamtono ketika dihubungi, Kamis (21/7).

Edi Kamtono mengatakan sejatinya sudah ada undang-undang yang mengatur tentang sanksi bagi pengendara yang terbukti melanggar lalulintas yaitu sanksi berupa penilangan dan denda. Hanya saja diakuinya bahwa untuk saat ini penerapannya belum efektif karena petugas di lapangan belum tegas menindak para pengendara yang melanggar.

Kamera pengawas atau Closed Circuit Television (CCTV), menurut Edi Kamtono dapat dimanfaatkan menjadi alat bukti jika ada pelanggaran lalu lintas di jalan.

“Seperti pengendara tidak menggunakan helm, satu motor bertiga, padahal itu sangat mengganggu arus lalu lintas dan keselamatan, nah itu harus terus menerus kita tindak agar kesadaran masyarakat berlalu lintas semakin baik,” jelasnya.

Diakuinya bahwa saat ini di Kota Pontianak masih banyak sekali pelanggaran yang dilakukan oleh pengguna jalan yang belum sadar akan pentingnya ketertiban berlalu lintas.

“Mereka akan sadar kalau sudah ketabrak misalnya, tapi tetap saja, karena ini menyangkut perilaku, hanya bisa dilakukan apabila pemerintah dan kita semua tegas dalam menerapkan aturan,” ungkapnya.

Menurutnya masyarakat akan terbiasa taat aturan jika aturan tegas ditetapkan oleh aparat terkait.

“Seperti sekarang kan, Sat Pol PP dan Dinas Perhubungan, tegas dalam menindak, parkir sembarangan dikempeskan, itu salah satu contoh ketegasan yang dilakukan, sehingga masyarakat akan terbiasa dengan taat aturan,” pungkasnya.

(Agustiandi/Dede)

Related Posts