DKP Kabupaten Sambas Ingatkan Pentingnya Jaga Kelestarian Pantai

hutan mangrove

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Sambas akan melakukan sosialisasi menjaga kelestarian dan perusakan pantai di Kecamatan Paloh pada Sabtu (23/7).

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) kabupaten Sambas, Ilham Sehan mengutarakan bahwa sosialiasi itu akan menitikberatkan tentang kebersihan dan keamanan terumbu karang yang menjadi ekosistem ikan dan hewan laut lainnya.

Tujuan sosialisasi itu sendiri kata Ilham agar masyarakat dan nelayan bisa bersama-sama menjada potensi yang ada, seperti tidak menangkap ikan atau lobster menggunakan bom atau racun. Karena, dampak dari aktivitas tersebut dapat membunuh terumbu karang.

“Jika itu terjadi, maka ikan-ikan ini tidak memiliki tempat, dampaknya nelayan akan sulit mendapatkan ikan, sebab, terumbu karang merupakan tempat ikan mencari makan dan bermain,” ujar Ilham saat ditemui, Jumat (22/7).

Menurut Ilham, sosialisasi pelestarian pantai penting dilakukan agar masyarakat nelayan benar-benar memahami dan bersama-sama mengawasi pantai.

“Wilayah Kecamatan Paloh memiliki potensi pantai dan ekosistem yang melimpah, sehingga masih banyak kita dapati Penyu bertelur di tepi pantai, udang lobster dan ikan-ikan karang, “ujarnya.

Melalui sosialisi yang akan dilkukan Ilham berharap, pelestarian pantai di wilayah pesisir Kecamatan Paloh, termasuk menjaga hutan Manggrove dapat meningkatkan Sumber Daya Alam (SDA) yang ada, sehingga dampaknya dapat meningkatkan ekonomi dan kesejahteraan masyarakat sekitar pantai.

“Oleh karena itu, DKP mengajak masyarakat Kabupaten Sambas untuk menjaga kelestarian alam, baik pantai, laut maupun sungai,” ajaknya.

(Gindra/Dd)

Related Posts