Dosen Untan Jadi Narasumber Tingkat Nasional Terkait Pendidikan Karakter

Riadi Budiman, ST, MT, Koordinator Umum Pendikar Untan

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Koordinator Umum Pendidikan Karakter (Pendikar) semua agama yang juga merupakan Dosen Teknik Industri Universitas Tanjungpura dan Tim Program Hibah General Education yang dibentuk Kemenristekdikti, Riadi Budiman, ST, MT, menjadi salah satu narasumber dalam sebuah acara yang digelar Kemenristekdikti di Jakarta pada 22-23 Juli 2016.

Riadi menjelaskan Kemenristekdikti menilai “Pendikar” yang ada di Untan mempunyai program yang dianggap menarik dan patut digali lebih jauh.

“Adapun programnya merupakan implementasi dari Nawacita ke sembilan yang dicanangkan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo. Program ini dinilai bagus oleh Direktur Pembelajaran Kemenristekdikti, Paristiyanti Nurwardani baik dari sisi perencanaan organisasi pelaksanaan sampai evaluasi,” ujar Riadi saat dihubungi, Jum’at (22/7).

Nawacita tersebut, kata dia, berbunyi, memperteguh kebhinekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia melalui kebijakan memperkuat pendidikan kebhinekaan dan menciptakan ruang-ruang dialog antarwarga.

“Mahasiswa Untan terdiri dari berbagai macam daerah dan masing – masing dari mereka membawa ciri khasnya. Keberagaman ini terkadang sering menimbulkan pergesekan di kampus dan berpeluang menjadi besar,” jelasnya.

Pendikar sendiri, lanjut dia, merupakan program dari Rektor Untan, Prof. Dr. Thamrin Usman, DEA. Di mana Program Pendidikan Karakter ini berupa kegiatan persaudaraan mahasiswa antar fakultas dan agama serta berkomitmen untuk melaksanakan ibadah dan memahami kitab suci masing – masing agama.

“Pendikar” kata Riadi lagi, dinilai mampu mempererat tali silaturahmi dan menjaga persaudaraan mahasiswa antar Fakultas dan agama yang ada di Untan.

“Harapan saya dengan adanya program pendidikan karakter (Pendikar) yang menjadi satu kesatuan dalam mata kuliah agama yang diterapkan di Untan mampu menjadi ‘pilot project’ pelaksanaan pendidikan karakter di perguruan tinggi lainnya,” pungkasnya.

Untuk masyarakat yang ingin mengenal Pendidikan Karakter di Universitas Tanjungpura dapat mengakses www.pendikar.untan.ac.id

Untuk Tawaran Program Hibah General Education dapat mengakses pada laman http://belmawa.ristekdikti.go.id/2016/08/07/tawaran-program-hibah-general-education/#more-2641

(Kurnia/Dd)

Related Posts