Pengendara Keluhkan Hewan Ternak Berkeliaran di Jalan Penghubung Ketapang-Kayong Utara

Pengendara di jalan penghubung Ketapang-Kayong Utara harus ekstrahati-hati lantaran hewan ternak milik warga kerap berkeliaran di jalan raya

Kayong utara, thetanjungpuratimes.com– Setelah sempat ditertibkan oleh Sat Pol PP setempat kini hewan ternak warga masih berkeliaran di jalan penghubung antara Kabupaten Kayong Utara dan Kabupaten Ketapang.

Dari pantauan thetanjungpuratimes.com terlihat para pengendara menghentikan laju kendaraannya saat melewati gerombolan kambing yang berkeliaran di jalan raya. Bahkan jalanan terkadang macet saat pengendara dari arah berlawanan berpapasan dengan segerombolan kambing yang memenuhi jalanan tersebut.

Hal ini pun mendapatkan reaksi beragam dari para pengendara saat harus menghentikan laju kendaraannya untuk menghindari gerombalan kambing tersebut.

Salah satunya Teddy yang menyesalkan kondisi jalanan yang kerap dilalui hewan ternak tanpa dikawal oleh pemiliknya.

“Saya dari Ketapang melihat kambing bergerombolan di jalan langsung saya ngerem mendadak. Untung saja saya pelan pelan bermotornya karena kondisi jalan licin akibat hujan, kalau tidak mungkin saya bisa  kehilangan kendali,” terang Teddy, kamis (21/7) sore.

Lebih lanjut Teddy menceritakan, kondisi hewan ternak berkeliaran sudah menjadi pemandangan sehari- hari oleh pengendara yang hendak ke Kabupaten Ketapang atau pun arah sebaliknya.

“Biasanya ternak itu bisa kita jumpai pada sore hari sekitar jam empat sore. Kalau pagi jam enam pagi,” terangnya.

Padahal menurutnya lagi,  selain sangat membahayakan pengendara yang sedang lewat juga bisa membuat hewan ternak mengalami stress akibat suara kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Saya juga memelihara hewan ternak sapi dan juga dikembalakan tapi tidak melewati jalan raya melainkan dengan merintis jalan hutan agar tidak mengganggu keamanan dan kenyaman jalan,” jelasnya lagi.

(Rizal/Dd)

Related Posts