Kuota Jamaah Haji Pontianak Tahun Ini Sebanyak 499 Orang

Kemenag Bantah Jamaah Calon Haji Diminta Uang

Pontianak, thetanjungpuratimes.com  Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama Kota Pontianak, Ernan mengatakan jumlah kuota haji Kota Pontianak untuk tahun 2016 sama dengan tahun sebelumnya yaitu 449 jamaah.

Ia mengatakan Kuota tersebut tidak bertambah seiring belum adanya penambahan kuota dari Pemerintah Arab Saudi. Beberapa tahun sebelumnya, Kota Pontianak mendapat jatah 691 jamaah. Namun karena adanya pembangunan di Masjidil Haram, jumlah tersebut dikurangi.

“Arab Saudi memangkas kuota 20 persen, itu bukan hanya Kota Pontianak, tapi berlaku pada seluruh Indonesia,” ujarnya ketika ditemui di ruang kerjanya, Selasa (26/7).

Total 449 jamaah itu terbagi dalam dua kloter, yakni kloter 12 dan kloter 13. Di kloter 12 jamaah Kota Pontianak bergabung dengan jamaah dari Kabupaten Melawi, dan Mempawah. Sementara di kloter 13 hanya dengan Kabupaten Kubu Raya.

Lanjut Ernan, persiapan manasik haji per kecamatan sebelum keberangkatan akan selesai dalam beberapa hari ke depan. Tinggal nanti manasik se-Kota Pontianak yang akan digelar di Masjid Raya Mujahidin pada 9-10 Agustus 2016. Oleh karenanya, Ernan meminta semua jamaah haji dapat hadir.

Jamaah haji Kota Pontianak di kloter 12 akan berangkat 19 Agustus 2016 menuju Embarkasi Batam untuk kemudian berangkat Madinah. Kloter 13 berangkat selang satu hari dengan tujuan sama. Keberangkatan haji tahun ini, kata Ernan berbeda dari tahun sebelumnya. Di mana jamaah haji Kalbar yang ada dalam kloter 11 sampai 15 masuk dalam gelombang keberangkatan pertama.

“Tahun inilah sejarahnya Kalimantan Barat mendapat jatah di gelombang pertama, beberapa tahun yang lalu kita selalu dapat di gelombang kedua,” tambahnya.

Para jamaah haji yang berangkat tahun 2016 ini merupakan para jamaah yang sudah antre mendaftar sejak akhir 2010 hingga tanggal 13 Januari 2011.

“Tolong bagi jamaah haji yang sudah berpengalaman, takut terjadi musibah, hilang, dan sebagainya atau bertabrakan dengan orang, tolong kalau dapat berkelompok, jika ada koordinasi dengan ketua kloter,” pungkasnya.

(Agustiandi/Dd)

Related Posts