Pemkot Pontianak Canangkan Kawasan “Ampera Berseri”

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Kota mencanangkan kawasan sepanjang Jalan Ampera, Kecamatan Pontianak Kota sebagai kawasan “Ampera berseri”.

Wali Kota Pontianak Sutarmidji mengatakan, pencanangan ini dilakukan untuk mempertahankan kawasan yang sudah hijau dan teduh. Ditambah infrastruktur jalan yang bagus, maka kawasan ini akan semakin asri.

“Harus dipertahankan, sebelumnya masyarakat sekitar sudah mulai melakukan bersih-bersih lingkungan sejak empat hari lalu. Ini dilakukan untuk kenyamanan warga dan membuat kawasan ini tetap teduh,” katanya di sela-sela kegiatan gotong royong Ampera Berseri, Minggu (31/7).

Untuk itu dirinya mengimbau kepada masyarakat  untuk tidak melakukan penebangan pohon sembarangan. Semua pihak diharapkan mau mempertahankan kawasan Ampera sebagai kawasan yang bersih dan hijau. Pemkot juga tengah menyiapkan kolam renang sebagai fasilitas olahraga dan wisata yang sebentar lagi akan diresmikan.

Sementara untuk jalan parelal Ampera, Midji memastikan dalam waktu dua tahun ke depan akan rampung. Dengan demikian nilai investasi di wilayah tersebut juga akan terdongkrak. Harga properti, seperti tanah dan bangunan milik masyarakat di sana akan semakin tinggi. Jelas akan menguntungkan masyarakatnya.

“Daerah ini akan diminati, karena masyarakat mencari tempat tinggal yang baik. Dari sisi kesehatan udaranya bagus, lingkungan bersih, jalannya nyaman, kawasan rindang dan teduh. Jika suatu kawasan pohonnya sehat maka masyarakatnya pasti sehat,” paparnya.

Lanjut Midji, nantinya untuk tiap Rukun Tetangga (RT) akan bertanggung jawab dengan wilayahnya masing-masing. Akan ada kavling yang membatasi bagian yang harus dijaga oleh warganya masing-masing. RT yang serius dan mampu menata kawasannya dengan baik akan dinilai oleh Pemkot.

“Jika RT yang dinilai baik tersebut perlu fasilitas, akan kami berikan dengan cepat,” tambahnya.

Lebih jauh Midji menambahkan rencananya ke depan seluruh gang yang ada di Kota Pontianak juga akan dicanangkan sebagai kawasan berseri.

“Nanti ada satu apel khusus tentang ini, seluruh perwakilan RT harus ikut hadir,” pungkasnya.

(Agustiandi/dd)

Related Posts