Atbah Ingatkan Perangkat Desa Hati Hati Mengelola DD

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Bupati Sambas Atbah Romin Suhaili menegaskan masyarakat jangan bertindak menggiring Pemerintahan Desa atau Kades berbuat hal yang tidak patut atau penyelewengan.

Penegasan itu disampaikannya saat meresmikan Balai Desa Semparuk Kec Semparuk, Senin (1/8).  Masyarakat, kata Atbah harus bijaksana berbuat dan mendukung pemerintahan desa agar benar-benar berjalan sesuai aturan.

“Masyarakat jangan menggiring kepala desa untuk berbuat kesalahan, harus mendukung roda pemerintahan agar pemerintahan desa tidak korupsi,” ujar Bupati.

Anggaran di desa menjadi poin penting perhatian Bupati. Kata dia, sekarang ini desa memiliki banyak pundi-pundi dana untuk membangun wilayahnya. Intinya, pemerintahan desa harus profesional mengelola dana yang bergulir di desa.

“Hati-hati mengelola dana desa, saya ingin semua kepala desa dan perangkatnya tidak ada yang tersangkut masalah hukum selama kepemimpinan saya. Itu harus didukung oleh pemerintahan desa dengan memberlakukan manajemen yang baik dalam pengelolaan anggaran yang ada,” tegas Atbah.

Atbah juga meminta unit kerja terkait yang berhubungan dengan pencairan dana desa bisa menyalurkan dana dimaksud pada waktu yang memang menjadi ketentuan pencairan agar tidak terjadi lagi penyaluran atau pencairan dana desa menumpuk disatu momentum saja.

“Jangan lagi menumpuk atau baru dicairkan pada saat mau menghadapi hari raya saja, tetapi cairkanlah jika memang waktunya,” tutur dia.

Atbah berpesan kepada pengelola dana desa, bahwa dana desa bukanlah uang kades dan perangkatnya, melainkan uang rakyat yang harus dipergunakan sebaik-baiknya untuk kesejahteraan rakyat. Dengan dana yang besar, sebut dia sudah seyogyanya Desa mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat dan meningkatkan taraf hidup warganya.

“atur dengan baik, harus transparan kepada masyarakat setiap penggunaan uang desa tersebut, mengaculah pada aturan yang berlaku, ingat, para pemerintahan desa harus memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat,” ujarnya.

(Gindra/dd)

Related Posts