Kesbangpol Kapuas Hulu Bakal Dibentuk Menjadi SKPD Sendiri

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com – Bagian Kesatuan Bangsa dan Politik diwacanakan lepas dari Sekertariat Daerah Kabupaten Kapuas Hulu dan dibentuk menjadi SKPD sendiri.

Wacana tersebut dibenarkan Kasubag Pengawasan Kebangsaan Bagian Kesbangpol Setda Kapuas Hulu, Pius Buda. Menurutnya wacana tersebut baru masuk tahap pengusulan.

“Kesbang memang ada rencana di vertikalisasikan, sepertinya bakal jadi SKPD sendiri,” kata dia melalui pesan tertulisnya yang diterima thetanjungpuratimes.com, Senin (1/8).

Menurut Pius, pengusulan SKPD terpisah untuk Kesbangpol sudah diusulkan ke Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat. Namun belum  mendapat informasi pasti terkait realisasinya.

“Kami sedang disusun untuk ketentuan yang berlaku, supaya saat koordinasi pembentukan SKPD itu tidak ada hambatan lagi. Sebelumnya vertikalisasi Kesbang sudah dirapatkan di Provinsi Kalbar,” paparnya.

Kalau terealisasi menjadi instansi baru, maka kata Pius Kesbang bakal naik eselon. Dari sebelumnya eselon III dan melekat di Sekertariat Daerah, menjadi eselon II dengan strukturnya sendiri.

“Kalau sudah vertikal koordinasinya mungkin bisa langsung ke Pemerintah Pusat, seperti jaman dulu ada instansi Sospol (Sosial Politik),” tuturnya.

Secara pribadi, Pius menilai dengan menjadi SKPD tersendiri, Kesbang dapat lebih fleksibel dalam berkoordinasi. Demikian juga dalam setiap melakukan program-program, kemungkinan mendapat sokongan dana yang cukup besar.

“Intinya peningkatan eselon ini kita juga ingin meningkatkan pelayanan kepada masyarakat, khususnya dari sisi wawasan kebangsaan dan politik. Sehingga masyarakat lebih tertanam prinsip bela negara dan cinta tanah air,” tutup Pius. (yohanes)

Related Posts