Disdik Kubu Raya akan Renovasi Sejumlah Sekolah

Ilustrasi sekolah

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Dinas Pendidikan Kubu Raya akan melakukan renovasi bangunan Sekolah Dasar (SD), dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) yang ada di wilayah kabupaten Kubu Raya.

Tak hanya renovasi sekolah, empat buah rumah dinas guru juga akan dibangun.

Kabid Pendidikan Dasar pada Dinas Pendidikan Kubu Raya, Firdaus menyebutkan pengajuan untuk merenovasi dan membangun rumah dinas guru sudah diajukan sejak tahun 2014-2015.

“Untuk saat ini kami sudah melakukan sosialisasi terhadap pihak sekolah yang akan dilakukan renovasi. Sosialisasi ini kami laksanakan di Bank Kalbar. Seminggu setelah sosialisasi, pengerjaan itu akan dimulai,” ungkapnya.

Firdaus menambahkan, sosialisasi dana alokasi khusus bidang pendidikan tahun 2016 ini, untuk petunjuk teknis penggunaan DAK di bidang pendidikan. Tidak hanya itu, sosialisasi tersebut untuk menyamakan persepsi dalam perencanaan, pelaksanaan dan pengawasannya.

Dengan adanya sosialisasi, dirinya berharap mekanisme pengelolaan DAK bidang pendidikan terhadap pengelola di tingkat penerima di sekolah yang intinya, agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dalam pengerjaan dan sesuai yang diinginkan.

“Sedangkan untuk pembangunan mau pun renovasi akan langsung masuk ke rekening sekolah yang bersangkutan, hal ini dilakukan agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di kemudian hari,” sebutnya.

Untuk nilai dananya, kata Firdaus bervariasi ada Rp100 juta, hingga Rp160 juta. Tapi untuk pembangunan rumah dinas sebanyak empat sekolah senilai Rp847 juta.

Ditambahkannya,  tidak hanya 31 sekolah yang akan direnovasi, tetapi masih banyak sekolah lain yang perlu dibenahi dan juga dibangun rumah dinas yang semuanya menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK).

(Faisal/dd)

Related Posts