135 Calon Anggota EKU Jalani Pembekalan Materi di Alam Terbuka

Kayong Utara, thetanjungpuratimes.com – 135 calon anggota komunitas pecinta alam “Explore Kayong Utara” (EKU) mengikuti pembekalan materi lanjutan dengan menggunakan alam terbuka sebagai media utama pembelajaran.

“Memang selama pembekalan materi kami menggunakan alam terbuka sebagai locus pembelajaran, selain ingin mengajarkan calon anggota untuk bersahabat dengan alam, juga dikarenakan pembekalan materi yang disampaikan disertai dengan praktek lapangan dimana alam terbuka sebagai media utamanya,” ujar ketua panitia Galih Tosan di sela-sela kegiatan yang dilaksanakan di Pantai Pulau Datok, Minggu (7/8).

Kata dia, calon anggota yang berasal dari pelajar dan umum ini sangat antusias  dan bersemangat  mengikuti rangkaian acara  yang dimulai sejak 31 juli 2016.

“Hari ini, pembekalan materi P3K  dan dilanjutkan dengan materi survival atau cara  bertahan hidup di hutan. Pelajaran ini sangat penting bagi pecinta alam untuk bertahan hidup di hutan saat kehabisan persediaan logistik,” kata dia lagi.

Salah satu pemateri P3K Evan Juniansyah saat memberikan materi kepada calon anggota EKU menjelaskan bahwa ketika di hutan dibutuhkan kreativitas terutama saat mengevakuasi korban.

“Seperti mengevakuasi korban yang pingsan  atau yang tidak sadarkan diri, kita harus kreatif untuk membawa si korban dengan memanfaatkan barang  yang ada di sekitar kita. Bisa menggunakan tas kita dengan cara dibolong pada bagian tepi bawah dan digendong korban seperti kantung kangguru,” jelasnya.

Bisa juga lanjut Evan, dengan membuat tandu dengan menggunakan jaket untuk menggantikan tali jika tidak membawa tali saat di hutan.

“Untuk menyelamatkan kawan kita, kita harus berani berkorban dengan merelakan barang- barang yang kita punya seperti tas dan jaket,” tutup Evan.

(Rizal/dd)

Related Posts