Dongkrak Pariwisata Kalbar, HPI Bakal Gelar Pelatihan

Pontianak,thetanjungpuratimes.com – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Pramuwisata Indonesia (HPI) Kalimantan Barat terpilih Juniardi Saktiawan mengatakan untuk menjadikan pariwisata Kalbar menjadi lebih baik maka harus diikuti oleh kualitas sumber daya manusia (SDM) yang berkualitas. Khususnya SDM HPI itu sendiri.

Menurutnya untuk mewujudkan kualitas SDM pramuwisata (tourist guide) yang mumpuni, dirinya bersama pengurus DPD HPI Kalbar akan membuat agenda seperti pelatihan kepada seluruh anggota.

“Pertama yang akan kita lakukan adalah peningkatan SDM, karena itu penting sekali kedepannya, dengan pelatihan dan segala macam, insya Allah nanti  ke depan mereka juga akan bisa menjadi garda utama di depan,”  katanya di Pontianak, Minggu (7/8).

Selain itu, lanjutnya, bukan hanya pada anggota yang berada pada kepengurusan DPD HPI Kalbar yang akan diberi pelatihan, tetapi  para pramusiwata atau pemadu wisata  di lapangan juga akan direkrut untuk diberikan pelatihan, agar bisa menjadi pramuwisata yang bisa menyampaikn informasi dengan baik kapada para wisatawan lokal maupun manca negara.

“Tidak hanya asal informasi,” timpalnya.

Lebih jauh ia menambahkan pada era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA), menjadi penting untuk membuat sertifkasi kepada pemandu wisata.

“Ke depan  kita akan melakukan sertifikasi kepada pemandu wisata, kita akan kumpulkan teman-teman anggota yang bergerak selama ini di bidang pariwisata, baik yang belum terdata oleh HPI, kita akan angkat, kita akan ajak mereka bergabung ke HPI, kita akan buat sertifikasi, karena untuk MEA ke depan sertifikasi perlu, setelah itu mereka akan bisa jalan sendiri,” pungkasnya.

(Agustiandi/dd)

Related Posts