Legislator Apresiasi Pemerintah Operasikan Dermaga Sintete

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Ketua komisi C DPRD kabupaten Sambas Trisno, ketika ditemui Senin pagi (8/8) mengatakan, mulai beroperasinyan dermaga pelabuhan Sintete, sejak 1 Agustus lalu merupakan hal yang menggembirakan.

Dengan adanya itu, kata dia, mak akan mempemudah arus keluar masuk barang dan penumpang dari dan menuju pelabuhan Sintete. Selain itu, keberadaan pelabuhan Sintete sangat penting dan dapat menunjang perputaran ekonomi di Kalbar.

“Pelabuhan tersebut bukan hanya untuk kepentingan masyarakat kabupaten Sambas, kehadirannya sebetulnya untuk kepentingan masyarakat Kalbar. Karena itu, dengan beroperasinya dermaga Sintete yang baru sangat diapresiasi oleh DPRD,” ujar Trisno.

Dikatakan oleh Trisno pengoperasian dermaga baru sepanjang 35 meter tersebut, diharapkan dapat menampung keluar masuknya kapal yang akan sandar dan bongkar muat di pelabuhan Sintete.

“Karena selama ini, bongkar muat di pelabuhan tersebut hanya mengandalkan dermaga yang ada. Hal tersebut menyebabkan terhambatnya bongkar muat barang, yang tentu berpengaruh teraadap pendapatan para buruh di pelabuhan,” tutur Trisno.

Walaupun dermaga baru tersebut sudah dapat digunakan, ia tetap mendorong pemerintah agar kembali membangun dermaga dengan panjang 35 meter lagi.

“Masih ada tugas dari pengelola pelabuhan, agar menambah kembali pembangunan dermaga. Karena seharusnya panjang dermaga yang harus dibangun dengan panjang 70 meter, 35 meter sudah dibangun dan telah beroperasi selebihnya 35 meter pula harus juga dibangun, penambahan dermaga akan tetap kita dorong,” kata Trisno.

Dermaga Sintete menurut Trisno, telah dibangun sejak beberapa tahun lalu. Akan tetapi setelah sekian lama masih belum juga difungsikan. Baru pada 1 Agustus lalu dermaga tersebut dapat difungsikan.

“Berbagai pihak sebelum dermaga tersebut beroperasi telah mendorong agar dermaga dapat digunakan, termasuk DPRD kabupaten Sambas khususnya komisi C. Pernah mendatangi dermaga tersebut untuk meminta otoritas pelabuhan mengoperasikan dermaga yang telah selesai pembangunanya itu,” ungkap Trisno.

Selain dermaga pelabuhan Sintete, Trisno juga turut menyambut baik pengoperasian dermaga penyeberangan Tebas Kuala-Perigi Piai. Untuk itu dirinya mengajak masyarakat, agar bersama-sama dapat menjaga fasilitas yang sudah dibangun oleh pemerintah itu.

“Agar dapat bertahan dengan lama kedua fasilitas tersebut harus kita jaga bersama-sama, masyarakat harus peduli untuk menjaga dermaga tersebut,” katanya.

(Gindra/dd)

Related Posts