PT Steadfast Marine Diminta Perlakukan Pekerjanya dengan Baik

Karyawan kontrak PT Steadfast Marine yang menuntut hak-hak mereka karena diberhentikan secara sepihak

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Kabid Ketenagakerjaan Dinsosnaker Kota Pontianak, Affan meminta PT Steadfast Marine menjalin hubungan dengan pekerja dengan baik.

“Kalau hak-hak keduanya sudah berjalan, maka produktivitas perusahaan akan meningkat, sehingga harus berjalan sesuai dengan aturan yang berlaku,” kata Affan usai menerima aduan karyawan kontrak yang di PHK sepihakk oleh perusahaan, Rabu (10/8)

Kata dia, hasil mediasi antara pihaknya dan pekerja  akan dikembangkan lagi pada pertemuan yang akan datang untuk menyampaikan fakta-fakta hukum yang ada serta masukan dari pihak perusahaan. Jika memang ada pelanggaran terhadap PHK yang dilakukan maka putusan ada di pengadilan hubungan industrial.

“Kami dalam hal ini hanya mediator, bukan pengambil keputusan, sehingga nanti apapun keputusannya kita serahkan pada majelis hakim,” ujarnya.

Sementara itu kuasa Hukum PT Steadfast Marine Pontianak, Tambuk Bow mengatakan, jika sudah ada mediasi  artinya semua diserahkan pada hasilnya. Karena sudah menempuh jalur berdasarkan UU Ketenagakerjaan.

“Jadi kami serahkan saja ke intansi terkait di Dinsosnaker ini, sesuai mekanisme yang ada, artinya pasti masih ada proses selanjutny,” katanya.

Intinya, lanjut dia, pihaknya sudah berusaha mencari jalan agar masalah ini bisa selesai. Jika dari pengkajiannya masih ada yang namanya hak dan kewajiban yang belum tuntas pasti akan diselesaikan.

“Jika itu ada, artinya kami tetap pada koridor yang ada sesuai aturan UU Ketenagakerjaan No.13 Tahun 2003, jadi tidak bisa menyimpang pada asas lain,” pungkasnya.

(Agustiandi/dd)

Related Posts