DPR Minta Kemenag Serius Urusi Visa Haji

Panja Komisi VII Yakin Ada Penurunan BPIH

Cirebon, thetanjungpuratimes.com – Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanulhaq menyayangkan kembali terulangnya kasus tertundanya keberangkatan calon jamaah Haji karena keterlambatan penerbitan Visa.

“Segera ambil tindakan dan kebijakan konkret untuk permasalah Visa dan saya berharap kasus visa ini tidak terulang terus menerus tiap tahun,” kata Maman di Cirebon, Kamis (11/8).

Ia menuturkan terkait adanya pengaduan dari calon Jemaah Haji Kloter 5 dan 58 asal Kuningan, Jawa Barat, kepada Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia (YLKI) yang belum menerima visa hingga keberangkatannya diundur. Selain jamaah asal Kuningan ia mensinyalir masih ada ribuan visa bermasalah lainnya di berbagai daerah dan Kemenag harus tuntaskan masalah ini.

“Saya juga dapat laporan jika calon jamaah Haji asal Sumedang Jawa Barat sebanyak 180 calon dari kloter 7 ditunda keberangkatannya karena visa belum jadi,” kata Maman.

Masih banyaknya calon jamaah yang bermasalah dalam hal visa ini, ia mempertanyakan keseriusan dalam penanganan visa ini oleh Kemenag RI, karena menurutnya sangat vital.

(Ant/dd)

Related Posts