Fakultas Kedokteran Untan Ciptakan Dokter Cilik

Fakultas Kedokteran Untan Ciptakan Dokter Cilik

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak, menggelar pelatihan selama sehari untuk menciptakan Agen Dokter Cilik, bertempat di kampus Fakultas Kedokteran Untan, pada Sabtu (6/8).

Menurut Ketua Panitia Agen Dokter Cilik, Muhammad Fatur Arief Kurniawan, tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk menciptakan agen-agen Dokter Cilik di sekolah-sekolah di Kota Pontianak.

“Adapun kegiatan-kegiatan yang dilakukan antara lain, pengenalan Perilaku Hidup Bersih (PHBS), Penanganan Mimisan dan Pelatihan Pertolongan Pertama Pada Kecelakaan (P3K),” jelasnya saat ditemui di Fakultas Kedokteran Untan.

Hanya saja, menurut Fatur, ada sedikit kendala saat memberikan materi pelatihan ini, mengingat mereka masih duduk di kelas 4 dan 5 Sekolah Dasar.

“Ada yang sibuk sendiri, sehingga tidak fokus dengan apa yang disampaikan,” ujar Mahasiswa Fakultas Kedokteran, Jurusan Dokter, Semester 5 ini.

Lebih lanjut kata Fatur, diambilnya siswa dari kelas 4 dan 5 SD, karena dari segi usia sudah cukup untuk dijadikan Agen Dokter Cilik.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan Agen Dokter Cilik ini sebanyak 39 orang, dari perwakilan setiap sekolah yang ada di Kota Pontianak. Para peserta adalah siswa atau siswi yang meraih Juara Satu di kelas 4 dan 5 SD pada masing-masing sekolahnya.

“Pesertanya sedikit, karena kami ingin mereka bisa fokus mendapatkan materi,” ungkap Fatur.

Fatur berharap, dengan adanya kegiatan ini semoga dapat diaplikasikan para Agen Dokter Cilik di sekolahnya masing-masing, serta supaya anak-anak perduli dengan kesehatan di lingkungan sekitarnya.

(Kurniawati/Muhammad)

Related Posts