Manfaat Menakjubkan Pelihara Kucing

Ilustrasi memelihara kucing

Thetanjungpuratimes.com-Hewan peliharaan satu ini memang cukup dekat dengan manusia. Selain lucu, kucing juga sangat penurut, sehingga sering dijadikan sebagai ‘anggota keluarga’.

Tak hanya itu, kucing ternyata juga memiliki banyak manfaat untuk Anda lho. Menurut Dokter Hewan Angela Maharani, kucing bisa membantu kesehatan fisik dan mental seseorang.

“Dengan adanya hewan peliharaan di rumah, seseorang akan merasa kangen dan ingin pulang ke rumah, karena mereka ingin bermain dengan kucingnya. Kalau sudah dekat, kucing bisa meningkatkan bonding time sesama anggota keluarga,” ungkap dia saat ditemui dalam acara “Frieskies #500Catventure” di Jakarta, Senin (8/8/2016).

Bagi anak, lanjut Angela, kehadiran kucing dapat meningkatkan self-esteem serta membangun rasa empati pada anak. Ini terbukti melalui sebuah jurnal penelitian 2013 yang menyebutkan, apabila seorang anak turut andil dalam merawat dan menjaga kucing, maka ia pun akan lebih ekspresif dan merasakan emosi positif dari kesehariannya yang bermain dengan menyentuh bulu halus kucing.

“Selain membangun kedekatan, juga akan tumbuh rasa peduli dengan sesama makhluk dan meningkatkan ketenangan jiwa,” jelasnya lagi.

Selain itu, kata Angela, saat ini kucing juga sudah termasuk sebagai hewan terapi yang bisa digunakan pada anak berkebutuhan khusus. Di mana, kucing memiliki dengkuran dengan frekuensi 20-150 Hz yang memiliki efek menenangkan bagi manusia dan makhluk hidup di sekitarnya.

“Dengkuran dan getarannya bahkan bisa sampai menyembuhkan penyakit sendi,” tutup dia.

(suara.com/Muhammad)

Related Posts