OJK Kalbar Sebut Ada Sejumlah Syarat dalam Pembentukan LKM

OJK Imbau Masyarakat Sambas Waspadai Investasi Bodong

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Kepala OJK Perwakilan Kalbar, Asep Ruswandi mengatakan hal penting dalam rangka pembentukan BUMDes, bagaimana mengajukan izin pengukuhan dan pembentukan Lembaga Keuangan Mikro (LKM) sebagai wadah BUMDes.

Dalam pembentukannya, juga harus memperhatikan sisi permodalan, kesiapan SDM, termasuk infrastruktur atau sarana yang lainnya.

“Sesuai dengan fungsinya, OJK itu mengatur, mengawasi dan melindungi. Sehingga dengan adanya izin LKM pembentukan BUMDes ke OJK. Kita bisa melakukan pengaturan, pengawasan serta perlindungan sehingga BUMDes berkembang dengan baik, dalam rangka membangun kemandirian ekonomi suatu desa,” kata Asep Ruswandi di Sambas, Kamis (11/8).

Sementara Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD)
Kabupaten Sambas, Yusran menyebutkan pihaknya telah meminta OJK Perwakilan Kalbar untuk melakukan sosialisasi UU Nomor 1 Tahun 2013 tentang Lembaga Keuangan Mikro. Sehingga dalam rangka pembentukan BUMDes, benar-benar memberikan manfaat bagi perkembangan ekonomi desa ke depannya.

“Dengan adanya BUMDes, nantinya akan menampung kegiatan ekonomi  dan pelayanan umum di masyarakat dalam rangka peningkatan kesejahteraan,” katanya.

Dikemukakan sampai dengan saat ini, sudah terdapat sembilan BUMDes yang beroperasi. Dan pada 2016, sebanyak 16 BUMDes juga akan beroperasi di kabupaten Sambas.

(Gindra/dd)

Related Posts