Untan Sosialisasikan Keunggulan PTE Academic

Untan Sosialisasikan Keunggulan PTE Academic

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Universitas Tanjungpura menyosialisasikan Pearson Test of English (PTE) Academic kepada  stakeholder di Kota Pontianak.

Sosialisasi yang bertema The English test that takes you place : Gaining opportunities for international quality of higher education through PTE Academic  tersebut digelar di Gedung Rektorat lantai tiga, Kamis (11/8) pagi.

Rektor Untan Prof. Thamrin Usman, DEA mengatakan agenda ini dalam rangka memperkenalkan dan menyosialisasikan PTE Academic Untan kepada Stakeholder.

“Mulai dari guru, mereka yang mengelola kursus-kursus di luar, sampailah ke internal kami,” katanya usai memberi kata sambutan pada acara tersebut.

Ia mengatakan kegiatan yang ada di PTE itu adalah persiapan untuk menjalani tes Pearson, selain itu para pengelola itu juga terus ditingkatkan kemampuannya.

“Terakhir mereka diikutsertakan dalam pertemuan PTE Center seluruh dunia di Kuala Lumpur. Kita berpartisipasi,” tambahnya.

Ia berharap dalam waktu yang tidak lama, respon masyarakat terhadap PTE Academic Untan tersebut akan bertambah.

“Saya juga mendengar bahwa pihak luar kampus ingin melakukan kerjasama dalam rangka untuk menyiapkan, malah bukan dosen, tapi para siswa yang ada di Kalbar yang ingin studi ke luar negeri, ini suatu yang menarik bagi kita,” paparnya.

Yang menjadi pembicara sosialisasi PTE Academic Untan tersebut yaitu Shah Satini, perwakilan Pearson, UK dan  Dr. Yanti Sri Rezeki, S.Pd., M.Ed. WALS, Ketua pengelola PTE-A Untan.

PTE-A Untan ini adalah pusat tes berbahasa inggris yang diakui internasional. Setiap mahasiswa atau pun dosen atapun siswa yang ingin studi ke luar negeri akan memerlukan dokumen sertifikat bahasa.

Sebelumnya dokumen serifikat tersebut hanya bisa didapatkan dari Test Of English as a Foreign Language (TOEFL)  dan International English Language Testing System (IELTS), sekarang sudah bisa didapatkan melalui PTE-A ini.

Apabila dibandingkan dengan yang lain, PTE-A ini mempunyai keunggulan yaitu menggunakan Computer Based Test (CBT).

Keunggulan lainnya adalah hasil tesnya lebih cepat diketahui, dibanding TOEFL hasilnya dua sampai tiga minggu baru bisa diketahui, PTE ini cukup tiga hari sampai satu minggu.

(Agustiandi/dd)

Related Posts