Pemkab Kapuas Hulu Bantu Renovasi Rumah Korban Longsor Tanjung Longkang

Kapuas Hulu, thetanjungpuratimes.com-Pemerintah Kabupaten Kapuas Hulu kembali memberikan bantuan kepada warga desa Tanjung Lokang Kecamatan Putussibau Selatan yang terkena bencana longsor dan banjir bandang, beberapa bulan lalu. Pada bantuan kali ini, Pemkab Kapuas Hulu memberikan uang tunai.

Kabag Humas, Sekretariat Daerah (Setda) Kabupaten Kapuas Hulu, Usmandi SE MM, menjelaskan, bantuan Pemda tersebut adalah yang kedua, susulan dari bantuan logisitik. Penyerahan bantuan itu dilaksanakan di Balai Adat Desa Tanjung Lokang yang dihadiri banyak masyarakat desa setempat, pada Rabu (10/8) malam.

Untuk renovasi rumah warga, Pemkab Kapuas Hulu membantu Rp55.500.000, yang dialokasikan bervariasi, mulai dari rusak ringan, sedang dan berat.

“Kalau untuk bantuan renovasi rumah kisaran dari Rp2 juta hingga Rp10 juta per rumah,” ujarnya, Jumat (12/8).

Rincian yang mendapat bantuan diantaranya 9 orang terkena musibah, 1 korban meninggal, 2 korban yang dirujuk ke Rumah Sakit di Pontianak, 7 korban yang dirawat di RSUD putussibau.

Ditambahkan Usmandi, biaya pengobatan terhadap korban di rumah sakit semuanya ditanggung oleh Pemda Kapuas Hulu.

“Untuk bantuan biaya pengobatan 2 korban yang di rawat di Pontianak jumlahnya Rp33,500.000,” kata Usmandi.

Selain itu, ada juga bantuan biaya transportasi berupa bahan bakar minyak dari Tanjung Lokang ke Putussibau yang dipakai untuk antar jemput korban waktu itu.

“Kalau untuk fasilitas umum, dinas yang menanganinya, seperti rumah guru dan gereja,” papar Usmandi.

Penyerahan bantuan dilakukan oleh Bupati  Kapuas Hulu melalui Asissten III, Setda Kapuas Hulu Drs H. Mohammad Yusuf MM, yang dihadiri Kabag P2 Kapuas Hulu Alfiansyah beserta rombongan. Hadir pula Kepala BPBD, Kadishubkominfo, Plt Kepala BPMPD, Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Peternakan, Kasatpol PP, Kabag Humas setda, unsur Muspika Kecamatan Putussibau Selatan dan sejumlah kades di wilayah Putussibau Selatan.

Kades Tanjung Lokang, Hermanto, mengucapkan terima kasih atas kepedulian Pemda Kapuas Hulu yang telah membantu masyarakat korban bencana di desanya. Bantuan tersebut kata Hermanto sangat membantu warga yang hendak merehab rumah yang rusak karena banjir bandang dan tanah longsor yang terjadi 19 Juni 2016 lalu.

“Saya atas nama masyarakat Desa Tanjung Lokang berterimakasih kepada Pemda Kapuas Hulu yang sudah membantu masyarakat, yang sudah tanggap menangani korban bencana,” ungkap Hermanto.

(Yohanes/Muhammad)

 

Related Posts