Butuh SDM Handal Untuk Majukan Smart City Pontianak

Rudi Enggano Kenang Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kota Pontianak/ Foto : Humas Pemkot

Pontianak, thetanjungpuratimes.com–Pontianak masih membutuhkan peningkatan sumber daya manusia yang handal dalam pemanfaatan teknologi digital, yang saat ini sudah banyak digunakan untuk usaha maupun fasilitas penunjang pekerjaan termasuk untuk peningkatan smart city yang saat ini sedang dilaksanakan Pemkot Pontianak.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kota Pontianak, Rudi Enggano Kenang dalam sambutannya, mengatakan, perlu peningkatan, bagi generasi muda Kota Pontianak khususnya tingkat SMA/SMK sederajat yang memiliki bakat dan minat di bidang creative blog, creative get money, MS office, creative design, smart online shop serta graphic design, terlebih saat ini Kota Pontianak tengah berbenah diri untuk mengembangkan kota yang berbasis IT.

“Sebagai smart city, kita membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang smart sehingga melalui ajang ini bisa menciptakan SDM yang mampu memanfaatkan teknologi untuk kemajuan Kota Pontianak,” ujarnya saat membuka TDA di aula IAIN Pontianak, Sabtu (13/8)

Menurutnya, meskipun sebagai kota yang tidak memiliki sumber daya alam, Kota Pontianak memiliki SDM yang memiliki potensi untuk dikembangkan sebagai SDM yang unggul dan mampu bersaing dengan daerah-daerah lainnya di Indonesia.

“Yang bisa mengubah Kota Pontianak semakin maju adalah SDM yang berkualitas dan melalui kegiatan ini kita berharap muncul bibit-bibit SDM yang unggul terutama di bidang IT,” katanya.

Ke depan, lanjut Rudi, seluruh sektor pembangunan kota sudah berbasis IT. Saat ini, Pemkot sudah mulai menerapkan pelayanan berbasis IT melalui online.

Pelayanan surat-surat di kelurahan misalnya, sudah dilakukan secara online. Masyarakat bisa memasukkan permohonan surat keterangan apapun melalui online tanpa perlu datang ke kantor kelurahan.

“Bahkan, Bapak Wali Kota meminta seluruh perizinan di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu (BP2T) harus melalui online sehingga masyarakat tidak perlu repot,” tuturnya.

Ia mengajak generasi muda meningkatkan kemampuannya di bidang IT sebab ke depan teknologi semakin berkembang dan itu menjadi tantangan bagi penerus bangsa sehingga mampu bersaing di era globalisasi. (Agustiandi/Syafarudin)

Related Posts