Puluhan Pelajar dan ASN Jatuh Pingsan saat Upacara HUT RI di Kantor Bupati Sanggau

Sanggau, thetanjungpuratimes.com – Puluhan peserta upacara detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke-71 yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Sanggau, Rabu (17/8) pagi, jatuh pingsan.

Cuaca panas menyengat, diduga menjadi sebab para siswa dan beberapa Aparatur Sipil Negara (ASN) tersebut jatuh pingsan. Para siswa dan beberapa ASN satu-persatu dipapah dan digotong oleh petugas kesehatan, PMI dan sukarelawan ke salah satu ruangan.

“Kalau tak salah saya tadi, terdata ada sekitar 55 orang yang lemas serta pingsan,” ujar Zai, salah seorang anggota PMI Sanggau.

Kebanyakan para siswa- siswi tersebut yang berbaris menghadap ke bagian timur halaman kantor bupati sanggau dan didampingi para guru.

Menurut beberapa peserta upacara bendera peringatan HUT RI tersebut, cuaca panas inilah yang mengakibatkan mereka tidak kuat berdiri, dan menjadi lemas, hingga akhirnya pingsan.

Peserta juga mengaku kehausan, dan sudah menunggu cukup lama, sebelum upacara dilaksanakan pukul 10.00 WIB.

“Ya, saya lihat tadi banyak siswa-siswi yang lemas dan jatuh pingsan. Mungkin tak tahan kena panas dan kehausan serta kecapean,” ujar Ignasius Dibas salah seorang warga yang turut hadir pada apel tersebut.

Namun demikian, suasana upacara bendera peringatan HUT Kemerdekaan RI yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Sanggau tersebut tetap berjalan khidmat.

(Muhammad/Dede)

Related Posts