Puluhan Petugas Damkar Swasta “Curhat” ke Kapolresta Pontianak

Pontianak, thetanjungpurataimes.com – Puluhan orang dari pemadam kebakaran swasta yang berasal dari Kota Pontianak dan Kubu Raya mendatangi Polresta Pontianak, Sabtu (20/8) petang.

Pertemuan yang dilaksanakan di aula Polresta Pontianak itu, membahas persoalan yang dialami oleh  para pemadam  kebakaran swasta, serta mencari solusi mengenai kebakaran lahan yang semakin luas.

“Saat ini kebakaran semakin luas, sedangkan kami harus tatap bekerja memadamkan lahan, sementara dana yang kami miliki sampai saat ini sudah semakin menipis,” kata salah satu pemadam kebakaran saat menyampaikan keluhannya kepada Kapolresta Pontianak.

Dalam menyampaikan pertanyaan kepada Kapolresta, Sanusi salah seorang pemadam kebakaran menyampaikan bahwa pada prinsipnya para pemadam kebakaran bekerja berdasarkan hati nurani dan tidak ada paksaan sama sekali.

Namun menurutnya mereka juga minta perhatian dari pemerintah dan Polresta dan pihak terkait agar bisa lebih diperhatikan.

“Pemadaman lahan lebih berat dari pada memadamkan kebakaran gedung. Sekali turun jika memadamkan lahan kerusakan pasti lima persen dari ukuran slang, sementara jika memadamkan kebenaran gedung dua persen kerusakannya. Bayangkan saja pak jika ada 10 kebakaran lahan, maka akan ada 50 persen slang kami yang rusak,” keluhnya.

Maka dari itu mereka meminta perhatian lebih pada mereka untuk hal tersebut.

“Selama ini kami pemadam swasta tidak pernah mendapatkan dana bansos. Jika kami minta ke pada masyarakat maka akan jadi beban ke pada kami sendiri,” pungkasnya.

(Agustiandi/dd)

Related Posts