Tiga Desa di Kubu Raya Deklarasi Bebas “BAB” Sembarangan

Kubu Raya, thetanjungpuratimes.com – Tiga desa di tiga kecamatan, Kabupaten Kubu Raya secara bersamaan mendeklarasikan “Open Defecation Free” (ODF) atau bebas dari buang air besar sembarangan.

Ketiga desa yang mendeklarasikan ODF ini diantaranya desa Korek Kecamatan Ambawang,  Desa Jangkang II Kecamatan Kubu, serta Desa Tasik Malaya, Kecamatan Batu Ampar.

Kepala dinas kesehatan Kubu Raya, Berli Hamdani melalui pesan singkatnya, Minggu (21/8) mengungkapkan desa yang mendeklarasikan ODF ini merupakan desa yang sudah menyadari dan mandiri untuk berupaya secara bersama-sama tidak membiasakan diri buang air besar sembarangan.

“Dengan deklarasi itu bukan berarti masyarakat desa terjamin tidak ada lagi yang buang air sembarangan, akan tetapi mereka telah berupaya melakukan langkah-langkah secara bersama agar tidak ada lagi yang BAB sembarangan,” katanya.

Menurutnya, tiga desa itu memang patut diapresiasi sebagai reaksi kepedulian masyarakat terhadap lingkungan yang bersih dan sehat.

Ditegaskannya, jika tiga desa ini mampu menjaga agar masyarakat di desanya benar-benar terbebas dari BAB sembarangan maka Pemkab Kubu Raya melalui  akan memberikan perhatian khusus terhadap tiga desa ini.

“Bentuk perhatian itu misalnya pembangunan sarana umum untuk sanitasi, pembangunan jamban keluarga, jamban publik, sarana air bersih dan sebagainya,” ujarnya.

Menurut Berli sebagian besar masyarakat Kubu Raya terutama masyarakat yang tinggal kawasan daratan masih BAB di sembarang tempat, dan paling banyak BAB di perkebunan, selain itu warga yang tinggal di bantaran sungai sebagian besar juga dikategorikan BAB sembarangan dan sudah menjadi kebiasaan sejak lama.

“Meskipun masyarakat ini melakukannya di jamban, namun kotorannya itu langsung ke sungai dan mencemari aliran sungai itu,” sebutnya.

Untuk masyarakat yang selama ini tinggal di bantaran sungai ini, pihaknya akan mencari solusinya dengan menggunakan teknologi tepat guna, khususnya untuk pembangunan jamban dengan septic tank.

Kedepannya diharapkan deklarasi ODF ini tidak hanya dilakukan oleh tiga desa, namun dapat dideklarasikan oleh seluruh desa di Kubu Raya.

(Faisal/dd)

Related Posts