Ketapang Waspada Rabies

Ketapang, thetanjungpuratimes.com-Kepala Bidang Peternakan Distanak Ketapang, Edi Sujarwo, meminta kepada seluruh pihak terkait untuk tetap waspada, khususnya yang berada di wilayah endemis penyebaran rabies.

Ia menjelaskan, wilayah endemis ada di delapan kecamatan, terdapat banyak kasus gigitan anjing yang terinfeksi rabies, diantaranya di Marau, Manis Mata, Air Upas, Kendawangan, Jelai Hulu, Tumbang Titi, Nanga Tayap dan Sungai Melayu.

“Untuk wilayah lain, yang baru terdapat kasus gigitan kita minta untuk waspada. Selain itu, Camat, Kades maupun Dusun agar pro aktif memberi laporan jika ditemukan kasus gigitan anjing,” terangnya.

Edi mengaku, pada tahun sebelumnya pihaknya telah melakukan vaksinasi terhadap ribuan ekor hewan peliharaan yang tersebar di seluruh wilayah Ketapang.

“Karena daya tahan vaksin hanya setahun, makanya pada bulan Mei 2016 kita akan lakukan vaksinasi lagi, kepada hewan-hewan peliharaan untuk menghindari mereka dari infeksi rabies, sedangkan untuk anjing-anjing liar yang terinfeksi sudah ada ratusan ekor yang kita eliminasi,” katanya.

Untuk tahun 2016, pihaknya tidak dapat langsung melakukan eliminasi, lantaran dari hasil rapat dengan pihak terkait jika eliminasi dilaksanakan kalau ada permintaan dari masyarakat.

“Tapi kita sudah menyiapkan bahan eliminasi seperti racun. Sehingga  kita tinggal menunggu laporan masyarakat baik melalui telepon atau tertulis, langsung kita lakukan eliminasi,” tegasnya.

Edi mengatakan, dari data yang berhasil dihimpun pihaknya pada tahun 2015, terdapat sebanyak 9.533 ekor anjing yang tersebar di 20 Kecamatan Ketapang. Namun untuk data tahun 2016 diakuinya tentu populasi anjing terus bertambah, lantaran dalam setahun anjing dapat hamil sampai 3 kali.

“Populasi anjing terus bertambah, sebab anjing cepat melahirkanya, dalam setahun anjing dapat 3 kali kawin dan hamil, dengan melahirkan anak maksimal 10 ekor sekali melahirkan,” jelasnya.

Untuk itu, Edi mengimbau kepada seluruh pemilik anjing di Ketapang untuk dapat proaktif  melakukan vaksinasi terhadap anjingnya.

(Ras/Muhammad)

Related Posts