Satu Jemaah Haji Asal Sanggau Meninggal di Tanah Suci

Panja Komisi VII Yakin Ada Penurunan BPIH

Sanggau, thetanjungpuratimes.com – Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umroh pada Kementerian Agama Kabupaten Sanggau, Drs Daljuli mengungkapkan, seorang jemaah haji asal Kabupaten Sanggau, meninggal dunia di Medinah, Arab Saudi, pada Sabtu (20/8) waktu setempat.

Kata dia, Jemaah haji ini meninggal mendadak, diduga kelelahan. Sebab, tidak ditemukan catatan dan gejala atau riwayat penyakit yang diderita.

“Ya, kita ada mendapatkan informasi demikian. Seorang jemaah haji kita meninggal di Madinah pada Sabtu lalu,” ujarnya, Rabu (24/8).

Ditambahkan, jemaah haji yang meninggal ini bernama M Tahir bin Rojak, berumur 60 tahun berasal dari Balaikarangan, Kecamayan Sekayam.

“Kalau saya tak keliru, namanya M Tahir bin Rojak, berumur 60 tahun berasal dari Balaikarangan, Kecamayan Sekayam. Jemaah haji tiba-tiba pingsan saat akan ingin melaksanakan salat zuhur,” ungkap dia.

Jemaah ini, kata Daljuli sempat dilarikan ke rumah sakit terdekat, guna untuk mendapatkan perawatan. Namun, allah berkata lain, jemaah haji ini akhirnya meninggal dunia.

“Kalau tak salah saya sempat di bawa ke rumah sakit Al Aqso, rumah sakit terdekat dari situ untuk mendapatkan perawatan. Namun, akhirnya meninggal dunia,” ujarnya.

Untuk itu ujar Daljuli, pihaknya sudah memberitahukan kepada keluarga di

Balaikarangan. Dan pihak keluarga telah mengikhlaskan. Kendati demikian, pihaknya masih menunggu berita dari dekat Mekkah.

“Sebab memerlukan surat bukti untuk mengkonfirmasi dari Mekkah, terkait kabar meninggalnya jemaah haji tersebut,” tegasnya.

Ditegaskan, selama mengikuti manasik haji, jemaah haji tersebut tak mengalami kendala dan tidak ditemukan riwayat penyakit.

“Saat manasik haji sehat-sehat saja, tak ada kendala. Mungkin, akibat kelelahan,” imbuhnya.

Diketahui, pada tahun 2016 ini, ada sebanyak 87 calon jemaah haji (GJH) asal Kabupaten Sanggau yang tergabung di kloter 11 bertolak ke tanah suci Mekkah, pelepasan berlangsung di asrama haji batam, pada Jumat  pekan lalu.

(Muhammad/dd)

 

Related Posts