IPhone Disusupi Program Mata-mata Israel

Hati-Hati, iPhone 5se Palsu Mulai Dijual

thetanjungpuratimes.com – Salah satu perusahaan Israel dituduh telah menciptakan dan memasok program intersepsi IPhone, salah satu produk unggulan Apple. Program tersebut dicurigai digunakan untuk memata-matai kegiatan aktivis hak asasi manusia di Timur tengah.

Gara-gara temuan yang dirilis Kamis (26/8) lalu tersebut, Apple didesak merevisi softwarenya agar tak dieksploitasi kepentingan politik.

Unit 8200, divisi spionase militer Israel  yang diduga menyusupi perangkat IPhone, menyangkal keras tuduhan ini. Kepala eksekutif NSO, perusahaan yang menjalankan program mata-mata cyber di Unit 8200, mengatakan tak bisa merinci secara spesifik terkait tudingan ini.

Temuan ini sendiri dibeberkan oleh laboratorium sipil University of Toronto tak lama setelah aktivis Timur Tengah Ahmed Mansoor yang ditahan dan dicekal bepergian ke luar negeri, mengirimkan bukti pesan singkat yang dikirimkan kepadanya ke lab. Dia diduga merupakan target pembajakan Israel lewat IPhone.

Agen pemerintah Israel bekerjasama dengan perusahaan teknologi swasta dikabarkan saat ini tengah giat mengembangkan program mata-matanya lewat perangkat cyber. Mereka yakin akan memimpin perang dunia maya dalam waktu 15 tahun ke depan.

(Suara/dd)

Related Posts