Palestina Kecam Bungkamnya AS atas Pembunuhan Dua Orang oleh Israel

Ramallah, thetanjungpuratimes.com – Kementerian Luar Negeri Palestina pada Minggu (28/8) mengecam kebungkaman Amerika Serikat sehubungan dengan pembunuhan orang yang memiliki dua kewarganegaraan, Palestina-AS, oleh pasukan Israel di dekat Ramallah pada Jumat (26/8).

Di dalam satu pernyataan, kementerian tersebut menyeru Washington agar bertanya kepada Pemerintah Israel mengenai kasus di balik pembunuhan Iyad Zakariya Hamed (36), ayah dua anak.

Kementerian itu menyatakan Pemerintah Israel dan Perdana Menterinya Benjamin Netanyahu harus dimintai pertanggung-jawaban atas kejahatan keji dan konsekuensi dari penghukuman mati di lapangan.

Hamed adalah orang Palestina keenam yang telah dibunuh oleh pasukan Israel di tempat yang sama yang berada di dekat satu permukiman Yahudi yang dibangun di dekat desa Palestina di Ramallah Timur, Tepi Barat Sungai Jordan.

Pada Jumat, tentara Israel menembak Hamed hingga ia tewas dari satu menara pengawas di dekat pos militer terdepan di pintu masuk Desa Silwad di dekat Ramallah.

Radio publik Israel melaporkan bahwa orang tersebut ditembak “sebab ia tidak mematuhi perintah tentara”,  Ditambahkannya, Militer Israel “melakukan penyelidikan mengenai peristiwa tersebut”.

Sejak Oktober lalu, ketegangan telah tinggi antara orang Palestina dan tentara serta pemukim Yahudi. Lebih dari 220 orang Palestina dan 40 orang Yahudi tewas.

(Ant/dd)

Related Posts