Serapan Pembangunan Fisik Dinas PU Melawi Baru 60 Persen

Melawi, thetanjungpuratimes.com – Dinas Pekerjaan Kabupaten Melawi mencatat saat ini, pembangunan yang dilaksanakan pada tahun 2016 sudah berjalan. Meskipun begitu, masih banyak proyek penunjukkan Langsung (PL) yang dikerjakan mendahului kontraknya.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Melawi, Hinduansyah mengatakan, beberapa kegiatan memang benar dilaksanakan sebelum kontraknya diterima. Namun bukan berarti tidak ada kontrak kerjanya, kontraknya hanya belum jadi.

“Memang benar dan itu tidak semuanya, namun bukan tidak ada kontraknya. Kontraknya ada namun masih proses pembuatan,” jelasnya saat ditemui di ruangan kerjanya, Rabu (31/8).

Sementara terkait pekerjaan yang dilaksanakan terlebih dahulu, Hinduansyah mengatakan,  itu tidak masalah, karena menurut jadwal memang sudah harus mulai pelaksanaannya.

“Jadwalnya Agustus harus sudah mulai pelaksanaannya. Jadi tidak masalah, kontraknya menyusul,” ucapnya.

Ia mengatakan, paket PL di PU artinya yang menggunakan pagu dana Rp200 juta ke bawah, kurang lebih 500 kegiatan. Sementara untuk kegiatan di PU yang di melalui jalur lelang berjumlah kurang lebih 97 kegiatan.

“Untuk fisik, sampai saat ini serapannya sudah sekitar 60 persen. Sisanya masih ada yang dilelang dan untuk PL juga belum semuanya dikerjakan,” jelasnya.

Menurut Hinduansyah, proses pekerjaan pembangunan fisik tahun ini memang mengalami keterlambatan. Untuk itu, dia meminta agar pembangunan fisik yang saat ini sudah berjalan yang juga didukung cuaca baik, dapat diselesaikan pada awal Desember mendatang.

“Awal bulan Desember mendatang harus sudah selesai. Saya minta ini diperhatikan. Tapi jangan pula karena ingin cepat selesai, proses pembangunan dikerjakan asal-asalan. Pekerjaan harus maksimal, baik dan benar,” tegasnya.

Selain itu dia menegaskan, seluruh kegiatan pembangunan utamanya di DPU Melawi harus dapat diselesaikan sesuai dengan waktu yang ditetapkan dalam perjanjian proyek.

“Kalau melanggar, akan terjadi pemutusan kontrak maupun denda. Untuk itu, semua proyek  harus selesai tepat waktu,” pungkasnya.

(Edi/dd)

 

 

Related Posts