Nelayan Sambas Komitmen Jaga Bantuan yang Diberikan

Sambas, thetanjungpuratimes.com-Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Sambas, Hanafi, mengatakan, bantuan sarana penangkapan ikan oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan melalui Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Pemangkat, Kabupaten Sambas, yang telah diserahkan kepada nelayan akan benar-benar dimanfaatkan oleh nelayan yang tergabung dalam kelompok usaha bersama.

“Bantuan yang telah diserahkan tersebut akan benar-benar dimanfaatkan oleh nelayan, untuk meningkatkan hasil tangkapan dan produktifitas nelayan, atas bantuan tersebut kita sangat berterima kasih kepada Dirjen Perikanan Tangkap di Kementerian,” ujar Hanafi, Sabtu (3/9).

Karena sudah mendapat bantuan berupa gillnet medium atau jaring apung sepanjang 1000 meter, kelompok usaha bersama (KUB) Terigas yang merupakan kelompok nelayan tempat Hanafi bernaung, akan berkomitmen menjaga dan memelihara bantuan yang telah diterima tersebut.

Begitu juga dengan KUB yang lain, menurut Hanafi, yang juga telah menerima bantuan dari pemerintah, juga harus memelihara dan menjaga bantuan tersebut.

“Sesuai dengan surat penyerahan bantuan yang telah ditandatangani oleh semua KUB, kami akan tetap berkomitmen menjaga dan memelihara serta memanfaatkan bantuan tersebut, sehingga betul-betul bermnafaat bagi nelayan,” katanya.

Dikemukakannya, bantuan tersebut kemungkinan akan dimodifikasi oleh masing-masing kelompok. “Modifikasi pasti dilakukan, terutama terhadap jaring, lantaran pemberat berupa batu yang terdapat pada jaring bantuan tersebut tentu akan diganti dengan pemberat yang lebih berat. Menyesuaikan dengan kondisi yang ada,” kata Hanafi.

Dirinya juga berharap bantuan serupa tidak hanya diberikan sekali saja. “Kalau memang ada program untuk bantuan kepada nelayan, tentu harus diserahkan kepada nelayan. Ini bukan berarti nelayan harus selalu diberi bantuan, namun kalau memang ada bantuan, tentu harus diserahkan,” katanya.

(Gindra/Muhammad)

Related Posts