BPBD Kayong Utara Pastikan Tidak Ada Titik Api

Kayong Utara, thetanjungpuratimes.com – Kepala Badan Penaggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kayong Utara (KKU), Tri Yanto memastikan untuk saat ini tidak ada titik api di Kabupaten Kayong Utara.

“Untuk Kabupaten Kayong Utara atas laporan yang saya terima dari pantauan BMKG Pontianak tidak ada titik api. Hal tersebut tentunya dengan adanya curah hujan beberapa hari ini,” jelas dia, Senin (5/9).

Tri Yanto menjelaskan, sebenarnya pada akhir Agustus titik akhir musim kemarau. Yang kemudian untuk saat ini sudah masuk pada musim pancaroba hal tersebut berdasarkan kalkulasi BNPB. Untuk itu dirinya berharap, mudah-mudahan dengan adanya teknologi modifikasi cuaca yang telah dilakukan, dapat lebih merangsang awan untuk menimbulkan hujan.

“Mudah-mudahan pada tahun 2016 ini, untuk kebakaran hutan dan lahan ini tidak seperti tahun lalu (2015.Red). Jadi mengenai hal ini, kita juga bersama-sama untuk mengantisipasi supaya hal tersebut tidak kembali terjadi,” harap Tri Yanto.

Mengenai hal tersebut, pihaknya juga telah mendrafkan SK siaga bencana asap, akibat kebakaran hutan, lahan dan kebun.

“Untuk siaganya sudah kita masukan ke Bupati. Paling tidak hal ini untuk antisipasi kita bersama. Walau saat ini untuk titik api sudah tidak ada lagi. Dan kalu memang kembali adanya kebakaran akan kita tingkatkan tanggap darurat. Mengenai hal ini pun jelas, kita semua sangat berharap tidak kembali terjadi,” ucapnya.

Tri menambahkan, pada kegiatan Sail Selat Karimata nanti pada 15 Oktober, berdasarkan informasi yang dihimpun olehnya dari BMKG sudah masuk pancaroba. Untuk itu dirinya berharap kabut asap sudah tidak ada lagi pada kegiatan bertaraf Internasional tersebut.

(Rizal/dd)

Related Posts