Hairiah: BPBD Sambas Harus Diisi Orang yang Paham dan Peduli Terhadap Bencana

Sambas, thetanjungpuratimes.com – Wakil Bupati Sambas, Hairiah menegaskan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sambas nantinya harus diisi oleh pejabat yang memiliki kepedulian dan perhatian terhadap bencana.

Dia mengungkapkan, walaupun sebelum disetujui sempat terjadi tarik ulur. Namun akhirnya DPRD Kabupaten Sambas menyetujui pembentukan BPBD.

“Selanjutnya bagaimana untuk mengisi lembaga tersebut dengan orang-orang yang memiliki kepedulian dan perhatian terhadap bencana, sehingga badan yang telah terbentuk tersebut bisa menanganinya ketika terjadi suatu bencana,” ujar Hairiah.

Sehingga BPBD, kata dia harus diisi Sumber Daya Manusia (SDM) yang mempunyai kepedulian tinggi. Memiliki struktur, jadwal kegiatan terutama untuk pencegahan.

“Badan ini harus diisi pejabat yang peduli terhadap bencana, punya rekam jejak untuk menjadi referensi. Kemudian harus memenuhi kriteria, dan mempunyai visi jelas untuk penanggulangan bencana di Kabupaten Sambas,” katanya.

Lantaran, dengan terbentuknya BPBD. Lebih mempermudah koordinasi antar instansi terkait baik itu di Kabupaten, provinsi dan pusat jika terjadi bencana.

“Hubungan hirarki inilah yang akan mempermudah. Kemudian karena punya legalitas, kita akan enak menyampaikan ke provinsi atau pusat jika melakukan tindakan. Karena jika bencana terjadi itu sudah menjadi tanggungan bersama (Kabupaten, provinsi dan pusat-red),” katanya.

Dan lebih penting, lanjut Hairiah, dengan adanya BPBD. Upaya-upaya pencegahan bisa dilakukan melalui program kerja lembaga tersebut. Lantaran lembaga ini memiliki tiga bidang, yakni pencegahan, penanganan serta rehabilitasi.

“Beberapa daerah di Sambas ini. Sudah diketahui merupakan wilayah yang rawan terjadi
bencana baik itu banjir maupun kebakaran lahan. Dengan adanya BPBD, upaya-upaya pencegahan bisa dilakukan,” tegas Hairiah.

(Gindra/dd)

Related Posts