Padi Raja Uncak Bisa Jadi Kekuatan Pangan

Kapuas hulu, thetanjungpuratimes.com – Padi Raja Uncak sudah tidak asing lagi di masyarakat Kalimantan Barat. Padi asal Kapuas Hulu ini sangat enak dan pulen, sehingga banyak yang menyukainya. Bahkan hasil peneltian BPPT menyatakan beras raja uncak atau disebut juga beras Seluang itu sebagai beras terbaik secara nasional.

Kasi Produksi Tanaman Pangan pada Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Perternakan Kabupaten Kapuas Hulu, Sunarto menjelaskan, padi seluang atau raja uncak bisa menjadi potensi kekuatan pangan di Bumi Uncak Kapuas. Pasalnya padi tersebut bernilai ekonomis tinggi.

“Padi ini bisa jadi kekuatan pangan kita karena sudah banyak permintaan dari luar, hanya saja saat ini kita lagi kewalahan untuk memenihi permintaan itu, kita belum siap untuk keberlangsungan produksi dalam sekala besar. Perhektar bisa 4-5 ton sekali panen, setahun Kapuas Hulu baru bisa produksi 400an ton,” ujar Sunarto, Selasa (6/9).

Jenis padi seluang, kata Sunarto, sudah cukup banyak ditanam di kecamatan-kecamatan, hanya namanya di masing-masing daerah berbeda. Padi seluang itu tersebar di kecamatan Putussibau Selatan, Mentebah dan Kalis.

Menurut Sunarto, Padi seluang kandungannya lebih bagus dari padi lain, beras tersebut juga pulen jika dimasak, rasanya pun enak. Untuk harga, kata Sunarto memang cukup mahal, 1 kg padi raja uncak dibanrol Rp 25.000.

“Promosi beras raja uncak dulunya gencar dilakukan pak Gubernur Kalbar, sehingga banyak jadi oleh-oleh kunjungan pejabat negara. Harga beras ini memang setara dengan beras premium yang ada di pasaran sebab target pasarnya orang kelas menengah ke atas,” tutur Sunarto.

Dikatakan dia, luas lahan tertanam padi di Kapuas Hulu seluruhnya ada 21.700an hektare. Untuk pola panen, kebanyakan petani hanya melakukan satu kali panen dalam setahun, hanya di kecamatan Pengkadan, Hulu Gurung dan Bunut Hulu ada 2 kali.

“Tahun 2015 panen padi secara keseluruhan memang turun sekitar 200 hingga 300 hektar, penurunan itu memang karena kemarau dan banjir,” tutupnya.

(yohanes/dd)

Related Posts