Kodim 1204/Sanggau Panen Perdana di Dusun Bungkam

TNI Bantu Cetak Sawah di Landak Kalbar

Sanggau, thetanjungpuratiems.com – Komandan Kodim 1204/Sanggau Letkol Arm I Gusti Agung Putu Sujarnawa melakukan panen perdana di Dusun, Bungkang Desa Lumut Kecamatan Toba, Kabupaten Sanggau guna memberikan semangat kepada seluruh petani.

“Panen raya ini untuk memberikan semangat kepada seluruh petani yang berada di wilayah Kecamatan Toba, dengan hasil panen yang bagus bisa meningkatkankan kesejahteraan masyarakat,” kata I Gusti Agung di Sanggau, Jumat (9/9).

Ia mengatakan, dengan lahan yang sudah ada sekarang para petani dalam mengelola lahan lebih baik lagi. Terkait hal itu, ia berharap agar masyarakat petani bisa semakin yakin akan bisa hidup sejahtera bila hasil panen dapat memuaskan.

“Kami dari TNI akan selalu siap mendampingi para petani untuk melaksankan pengelolaan sawah karena swasembada pangan merupakan program pemerintah,” tuturnya.

I Gusti Agung juga mengharapkan masyarakat mengelola lahan yang ada tanpa ada lagi pembakaran hutan atau lahan karena sudah ada larangan dari pemerintah pusat.

Di tempat yang sama, Wakil Bupati Sanggau Drs Yohanes Ontot, M,Si menegaskan Program pemerintah tentang swasembada pangan bertujuan mensejahteraan rakyat indonesia. Kelompok tani didukung oleh Dinas Pertanian menetukan bibit padi yang akan ditanam nantinya agar hasil panen nanti lebih memuaskan.

“Apabila ada kendala atau kesulitan dalam melaksanakan penanaman padi agar petani jangan ragu untuk bertanya ke PPL dan lebih giat untuk memaksimalkan bercocok tanam padi,” katanya.

Yohanes juga mengharapkan masyarakat tidak melakukan pembakaran hutan dan lahan untuk pembukaan lahan sawah agar tidak terjadi kabut asap yang berakibat fatal bagi masyarakat luas.

“Banyak cara yang bisa dilakukan oleh masyarakat untuk membuka lahan tanpa harus membakar. Jika masyarakat membutuhkan bimbingan, silahkan datang langsung ke dinas pertanian,” katanya.

(Ant/dd)

Related Posts