Tanpa Bantuan Pemerintah, Warga Secara Swadaya Perbaiki Jembatan Rawak

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Setelah rusak dan jebol beberapa waktu lalu, kini jembatan Rawak di Kecamatan Sekadau Hulu diperbaiki, namun, anehnya jembatan tersebut dibangun secara gotong-royong oleh warga Desa Rawak.

Di jembatan tersebut terdapat aktivitas para pekerja yang sedang memasang kawat baja, menghancurkan semen, dan mengukur kayu untuk memperbaiki jembatan tersebut.

Jembatan yang menghubungkan lintas kecamatan bagian selatan Kabupaten Sekadau itu memang tanggungjawab pemerintah Provinsi. Namun hingga kini belum ada reaksi yang berarti dari pemprov.

Saat dikonfirmasi kepada Camat Sekadau Hulu Yangson, ia mengatakan, memang kegiatan gotong royong ini merupakan dari kecamatan kepada masyarakat.

“Ini swadaya masyarakat, mengumpul sumbangan dari para pedagang-pedagang yang ada di rawak, lalu ada bantuan perusahaan PT SML, serta warga yang mau menjadi tukang yang ikut membantu,”  ujar dia ketika ditemui, Jumat (9/9).

Ia menjelaskan, perbaikan yang dilakukan itu hanya bersifat sementara karena pihaknya hanya mengganti bagian-bagian yang rusak. Seperti gelegar dan bagian lantai jembatan.

“Hal ini dilakukan sampai menunggu bantuan provinsi datang. Jika dilihat dari anggaran yang terkumpul yang diambil dari pedagang mencapai Rp22 juta. Jika dibagi 60 persen berbentuk uang dan 40 persen berbentuk material,” ungkapnya.

(Yahya iskandar/dd)

Related Posts