Rektor Untan: “Mahasiswa Jangan Seperti Buih di Pantai”

Pontianak, thetanjungpuratimes.com – Rektor Universitas Tanjungpura, Prof Thamrin Usman DEA mengajak kepada seluruh mahasiswa untuk menjadi insan yang selalu tetap pandai bersyukur

“Janji Allah tak akan pernah ingkar, karena dengan bersyukur akan ditambah kenikmatannya oleh Allah SWT baik di dunia, maupun di akhirat,” pintanya saat kegiatan
pendidikan karakter muslim 2016, serta pelantikan pengurus sahabat quran Universitas Tanjungpura, Jumat (9/9) di auditorium Untan.

Selain itu dirinya juga menegaskan agar para mahasiswa untuk menggunakan waktu dengan baik, karena agama Islam telah mengingatkan agar waktu yang ada dimanfaatkan sehingga tidak mengalami kerugian, manfaatkan waktu muda, waktu sehat, dan tentunya masih dalam keadaan Islam.

Waktu empat tahun di Universitas untuk meraih strata 1 tidak lama, sehingga diharapkan jangan ada mahasiswa di Untan lebih dari empat tahun, karena Untan tidak ingin berlama-lama dengan mahasiswa.

“Pemerintah Indonesia melalui Menristekdikti telah mengamanatkan kepada semua perguruan tinggi untuk melaksanakan pendidikan karakter, dan formulanya di serahkan kepada perguruan tinggi untuk menterjemahkannya, dan Universitas Tanjungpura menterjemahkan pendidikan karakter agama yang bagi mahasiswa yang muslim adalah pendidikan karakter muslim,” sebutnya.

Sebagai Rektor, Thamrin sangat mendorong pembentukan karkater semua mahasiswa di Untan, apalagi jumlah mahasiswa muslim di Untan sebanyak 70 persen.

Semua kesempatan, katanya harus diperebutkan yang tentunya dengan kompetisi yang kuat.

“Kami tidak bisa menyiapkan kalian manusia yang sempurna, tetapi kami berupaya untuk memberikan motivasi, kesempatan untuk menyempurnakan diri kita masing-masing, sehingga saya minta gunakan fasilitas di Untan untuk memotivasi kalian semua,” ucapnya.

Ditegaskan jika dirinya tidak menginginkan mahasiswa yang ada di Untan seperti buih di pantai, artinya ramai tapi tidak ada apa-apanya, harus menjadi insan “rahmatan lil alamain”.

“Saya menitip hal keimanan, dan aqidah islam, jangan hanya islam-islaman. Sebagai mahasiswa muslim, dekatkan diri dengan alquran, karena dengan mendekatkan diri dengan alquran, maka akan diberikan kemudahan oleh Allah SWT, yang pasti kita akan selalu kuat.” pungkas dia.

(Faisal/dd)

Related Posts