Bisnis Kopi ? Ini yang Harus Dipertimbangkan

Thetanjungpuratimes.com-Bagi Anda yang masih pemula dalam memulai bisnis kedai kopi sendiri maka hal pertama yang harus dilakukan adalah memahami tentang bisnis kedai kopi itu sendiri. Saat ini kopi tidak lagi sebatas persoalan rasa saja namun sudah menyangkut suasana dan seni. Banyak sekali orang-orang yang tidak mengerti tentang hal ini dan akhirnya bisnisnya pun tidak bertahan lama.

Simak tips-tips dibawah ini sebelum membuka bisnis kedai kopi, yaitu ;

  1. Pahami Tentang Bisnis Kedai Kopi

Ini menjadi hal penting melihat bisnis kedai kopi sebagai bisnis yang menjanjikan memberikan keuntungan yang tidak kecil. Mulailah untuk belajar dan memahami tentang bisnis kopi. Miliki ilmunya sebanyak-banyaknya, baru jalankan bisnisnya.

  1. Tentukan Konsep Kedai Yang Akan Anda Dirikan

Kedai kopi adalah bisnis yang banyak diminati saat ini, dan kopi telah menjadi minuman yang dapat dinikmati semua kalangan masyarakat dan dari berbagai usia. Melihat keberadaan kopi yang menjadi kebutuhan tersendiri membuat para pelaku bisnis menjadikan bisnis ini menjadi sesuatu yang menjanjikan.

Dalam mendirikan kedai kopi, anda perlu menambahkan konsep yang unik didalam kedai kopi yang anda dirikan. Semakin unik konsep yang di tawarkan untuk menikmati segelas kopi maka akan semakin memberi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk mencobanya.

  1. Pilih Konsumen Anda

Pemilihan konsumen ini penting agar konsep yang ditawarkan dapat sesuai dengan apa yang konsumen inginkan. Jika konsep kedai yang Anda inginkan adalah kedai yang santai dengan diiringi musik, maka sasaran konsumen yang tepat bagi bisnis Anda adalah kalangan anak muda ataupun pelajar. Beda halnya jika konsep kedai Anda elegan dan ekslusif maka sasaran konsumennya adalah para pekerja kantor.

  1. Pikirkan Jumlah Modal yang Harus Di Keluarkan

Bisnis tak akan pernah jauh dari modal tidak terkecuali bisnis kedai kopi. Peranan modal sangatlah penting bagi kelangsungan setiap bisnis. Setelah menyiapkan berbagai konsep yang unik dan telah memahami sasaran konsumen maka untuk menjalankan ide tersebut membutuhkan bantuan modal. Dengan konsep yang ada maka Anda dapat memperhitungan jumlah modal yang diperlukan untuk bisnis kedai kopi. Seperti Modal untuk membeli gelas, kopi, alat kopi, meja, bangku, dan semuanya.

  1. Pilih Sumber Daya Manusia yang Sudah Ahli

Pilihan menu kopi yang di tawarkan di kedai Anda perlu juga untuk dipikirkan. Saat ini pengembangan menu tentang pengolahan kopi sangatlah beragam. Mulai dari kopi panas, dingin, bahkan kopi yang diberi hiasan toping maupun es krim. Membuat kopi dengan berbagai pilihan seperti ini tentunya butuh keahlian khusus.

Pilihlah sumber daya manusia yang ahli dalam menangani bagian dapur, dalam hal ini sumber daya yang mampu membuat kopi yang memiliki citarasa yang berbeda dari kedai manapun. Karena rasa yang berbeda tersebutlah yang akan membuat orang-orang kembali dan setia berkunjung ke kedai Anda, bahkan menjadi pelangan setia Anda.

  1. Pilih Bahan yang Berkualitas

Memberikan pelayanan yang terbaik bagi konsumen Anda adalah hal yang utama. Carilah bahan-bahan yang terbaik untuk menghasilkan kopi yang terbaik. Dengan pilihan bahan terbaik ini akan memunculkan rasa percaya kepada konsumen Anda.

  1. Carilah Lokasi Yang Sesuai

Lokasi menjadi penunjang utama untuk pengembangan bisnis Anda. Dengan pemilihan lokasi yang tepat maka penjualan bisnis Anda pun dapat berjalan dengan lancar dan tanpa hambatan yang berarti.

  1. Lakukan Sistem Pemasaran yang Unik

Pemasaran menjadi penunjang utama disemua bisnis yang ada. Setelah memiliki ide usaha yang bagus maka cara pemasarannya pun harus lah sesuai. Pemasaran unik dapat Anda lakukan seperti memberikan bonus bagi pelanggan setia yang berkunjung dalam beberapa waktu tertentu atau memberlakukan diskon di waktu-waktu tertentu yang membuat konsumen datang kembali.

(Laruno.com/Muhammad)

Related Posts