Legislator: Pemerintah Harus Bedakan Kebakaran Lahan Pertanian atau Perkebunan

Sekadau, thetanjungpuratimes.com – Wakil Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Sekadau, Subandrio mengatakan, pemerintah harus membedakan kebakaran lahan yang dilakukan untuk pertanian atau perkebunan.

“Untuk itu pemerintah harus bijaksana. Harus diakui tidak hanya di Sekadau, di Kalimantan Barat cukup banyak,” ujar dia di Sekadau, Kamis (15/9).

Kata dia, dalam penanganan masalah tersebut harus arif dan bijaksana. Perlu adanya komunikasi dan bimbingan terhadap para petani untuk mencegah terjadinya karhutla. Menurut dia pemerintah desa sudah seharusnya berperan lebih dalam mengatur warganya yang menjadi petani agar memberikan informasi terkait karhutla.

“Petani jika ingin membuka lahan harusnya bergilir. Dulu juga banyak petani yang membakar lahan tapi tidak menyebabkan kabut asap dan kebakaran yang besar. Namun, setelah adanya pembakaran untuk perkebunan barulah terjadinya kabut asap,” kata dia.

Untuk itu, ia menegaskan, pemerintah harus memandang itu semua dengan teliti jangan sampai menyalahkan masyarakat. Ia menilai, perlunya melakukan pendekatan terhadap tokoh masyarakat karena pembakaran ladang sudah dilakukan sejak lama.

(Yahya/dd)

Related Posts