Pemkab Melawi akan Bangun 80 Dermaga

Melawi, thetanjungpuratimes.com – Pemerintah Kabupaten Melawi tahun ini berencana membangun kurang lebih 80 dermaga

“Tahun ini kita bangun 80 dermaga penyeberangan, yang mana tersebar di 11 kecamatan yang ada di kabupaten Melawi. Pembangunan ini juga dilaksanakan atas dasar pengajuan dari masyarakat,” kata Kepala Dishubkominfo Melawi, Effi Sutiono, saat ditemui di ruangan kerjanya, Kamis (15/9).

Lebih lanjut Effi menjelaskan, melalui pengajuan dari masyarakat menggunakan proposal itu, pihaknya melakukan survei lokasi dermaga, layak atau tidak dan melihat azas manfaat untuk masyarakatnya. Jika sudah layak, maka akan dibangun.

“Dermaga tersebut semuanya dibangun melalui Dana Alokasi Khusus (DAK) 2016. Ke depan mudah-mudahan jumlah yang dibangun akan bertambah. Sebab banyak pula pengajuan masyarakat yang belum terpenuhi di tahun ini,” terangnya.

Lebih lanjut Effi mengatakan, pagu dana pembangunan dermaga sendiri bervariasi atau berbeda-beda, melihat dari kultur tanah, medan dan ketinggian dari sungai.

“Angarannya berpariasi, ada yang Rp80 juta, ada yang 85 juta dan ada yang Rp90 juta,” bebernya.

Pada kesempatan itu, Effi berharap, pembangunan yang dilakukan bisa berjalan lancar, dan memberikan banyak manfaat bagi masyarakat. Namun Ia juga berpesan, masyarakat juga diharapkan bisa merawat bangunan yang sudah disediakan pemerintah.

“Ya, mudah-mudahan bangunan dermaga ini pelayanan masyarakat dalam menyeberang terutama dalam menggunakan transportasi air bisa lebih lancar dan nyaman. Biasanya kan masyarakat turun dengan kondisi tanah turunan yang licin bisa terjatuh. Paling tidak dengan dermaga ini turun ke sungai pun lebih enak,” pungkasnya.

(Edi/dd)

 

 

Related Posts