Lomba Burung Berkicau di Kabupaten Melawi

Melawi, thetanjungpuratimes.com – Yayasan BnR menggelar pameran dan lomba burung berkicau, di terminal Bus Desa Sidomulyo, Minggu (18/9).

Kegiatan yang dibuka oleh Wakil Bupati Melawi, Dadi Sunarya, juga sekaligus peluncuran yayasan BnR cabang Melawi. Hadir dalam kegiatan itu, sejumlah pejabat di lingkungan pemerintahan, Ketua BnR Kalimantan Barat, dan pengurus BnR Melawi.

Dalam sambutannya, Dadi mengatakan, kegiatan pameran dan kontes burung berkicau merupakan salah satu wujud konkret partisipasi masyarakat dalam rangka memberikan makna pada beberapa aspek pelestarian lingkungan. Dengan kegemaran memelihara burung berkicau, secara langsung maupun secara tidak langsung telah ikut mendorong usaha-usaha untuk memelihara keanekaragaman hayati.

“Beberapa jenis burung langka jenis burung berkicau bisa dipertahankan keberlangsungannya melalui upaya penangkaran dan pemeliharaan yang dilakukan para penggemar burung,” ungkapnya.

Lebih lanjut Dadi mengatakan, dirinya sangat bersyukur masih bisa menikmati dan mendengar langsung kicauan burung. Yang sudah barang tentu makluk hidup ciptaan tuhan dengan kicauan yang indah tersebut, juga patut dijaga.

“Pada hari ini kita juga patut bersyukur kita kembali bisa menikmati kicauan burung yang ada di kabupaten melawi. Saya atas nama pemerintah daerah menyambut baik dilaksanakannya pameran dan lomba ini, karena memiliki arti penting dan strategis dalam kehidupan masyarakat, terutama untuk menjaga kelestarian burung serta memperkaya kehidupan,” ungkapnya.

Ia mengatakan, secara prinsipil, burung memiliki potensi untuk kewisataan daerah. Oleh karena itu, Ia berharap BnR Kabupaten Melawi bisa mengagendakan kegiatan ini setiap tahunnya dengan mengundang lebih banyak peserta.

“Tidak hanya dari Melawi namun juga dari luar Melawi sehingga pameran dan lomba ini bisa lebih terbuka dan lebih luas lagi promosinya agar potensi yang dimiliki bisa menjadi suatu kekuatan pariwisata daerah kita. Saya juga berharap even ini bisa menciptakan suasana persaudaraan dan kebersamaan antar para kicau mania yang semakin kental,” harapnya.

(Edi/dd)

Related Posts